Ismail, Ismail (2021) AUGMENTED REALITY AS A TOOL TO SUPPORT ONLINE LEARNING IN INDUSTRY 4.0 ENVIRONMENTS. Other thesis, Universitas Andalas.
Text (Abstrak)
Abstrak Ismail.pdf - Published Version Download (634kB) |
|
Text (Bab 1)
BAB 1 Ismail.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Penutup)
Penutup Ismail.pdf - Published Version Download (548kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Ismail.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (Laporan)
Laporan Ismail.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Proyek ini menyoroti penerapan Augmented Realit y untuk mendukung pembelajaran online di lingkungan industri 4.0, dengan spesialisasi Seni Ukir Kayu untuk mata pelajaran Pendidikan Seni Rupa Formulir 4. Pengembangan aplikasi interaktif juga sejalan dengan Elemen Lintas Kurikulum (CCE) melalui penerapan unsur iptek serta kreativitas dan inovasi. Aplikasi AR Wood Carving Art menggunakan model desain ADDIE berdasarkan lima tahapan yaitu Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi dan Pengujian. Ada lima konten yang dipelajari dalam aplikasi AR Wood Carving Art, yaitu Ukiran Layang, Ukiran Tebuk Timbul Bersilat, Ukiran Tebuk Timbul Tanpa Silat, Ukiran Tebuk Tembus Bersilat, dan Ukiran Tebuk Tembus Tanpa Silat. Kelima konten dievaluasi berdasarkan Kegunaan, Kemudahan Penggunaan, Kemudahan Belajar dan Kepuasan. Proyek ini dievaluasi oleh 27 siswa Kelas 10 SMK Pasir Gudang (Johor) yang mengambil mata pelajaran Seni Rupa. Berdasarkan jawaban responden, mereka menyatakan setuju bahwa aplikasi mobile AR Wood Carving Art adalah esensial yang baik dan bermanfaat dimana lebih dari 80% responden setuju bahwa aplikasi mobile AR Wood Carving Art berguna dan bermanfaat yang menawarkan nilai tertentu dalam mendukung proses pembelajaran. Temuan ini juga mengungkapkan bahwa aplikasi mobile AR Wood Carving Art adalah cara yang baik dan efektif untuk mempelajari teknik kerajinan kayu untuk siswa pendidikan seni rupa Form 4. Siswa akan menganggap praktik pendekatan pembelajaran Augmented Reality sebagai integral karena dapat menimbulkan motivasi dan kenyamanan belajar. Keyword: Realitas Berimbuh, Sistem Pembelajaran Daring, Seni Ukiran Kayu.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Pascasarjana (S2) |
Depositing User: | Profesi Insinyur Pasca |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 04:17 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 04:17 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105977 |
Actions (login required)
View Item |