UJI BAKTERIOLOGI BAKTERI ESCHERICHIA COLI PADA AIR MINUM ISI ULANG DI RUMAH MAKAN DI KELURAHAN JATI, KOTA PADANG, INDONESIA

Badrul Amin, Bawahi (2022) UJI BAKTERIOLOGI BAKTERI ESCHERICHIA COLI PADA AIR MINUM ISI ULANG DI RUMAH MAKAN DI KELURAHAN JATI, KOTA PADANG, INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover and Abstract)
Cover-Abstract.pdf - Published Version

Download (387kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB1.pdf - Published Version

Download (430kB)
[img] Text (BAB Akhir)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (182kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (470kB)
[img] Text (Skripsis Full Text)
Skripsi Revisi SEMHAS the finale 2 (CD Version).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK UJI BAKTERIOLOGI BAKTERI ESCHERICHIA COLI PADA AIR MINUM ISI ULANG DI RUMAH MAKAN DI KELURAHAN JATI, KOTA PADANG, INDONESIA Oleh Badrul Amin Bin Bawahi Air menutupi lebih dari dua pertiga permukaan bumi, tetapi kebanyakannya adalah air asin dan tidak bisa diminum. Sumber air tawar yang tersedia hanya 2,7% dari air yang tersedia di bumi tetapi hanya 1% air tawar yang tersedia (di danau, sungai dan air tanah) dan yang dapat diakses. Sebagian besar sumber daya air tawar yang tersedia tidak dapat diakses karena berada di bagian hidrologi yang tersembunyi siklus (akuifer dalam) dan di glasier (beku di es kutub), yang berarti aman untuk diminum air di bumi memiliki proporsi yang sangat kecil (~ 3%) dalam sumber daya air tawar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya kontaminasi dan terdapatnya bakteri dalam air minum isi ulang pada rumah makan di kelurahan Jati, Kota Padang, Indonesia. Penelitian ini bersifat deskriptif yang memberikan gambaran mengenai identifikasi bakteri pada air minum isi ulang di rumah makan di Kelurahan Jati, Kota Padang, Indonesia. Sampel yang diambil sebanyak 25 sampel. Pengambilan sampel dilakukan secara langsung dengan botol steril dari plastik pembungkus, sedangkan data dianalisis menggunakan tabel MPN 5-1-1 dan dilanjutkan dengan adanya koloni bakteri E.coli dari sampel air minum. Hasil penelitian ini didapatkan 7 sampel (28%) tidak mengandung bakteri Coliforms, 6 sampel (24%) dengan kualitas air kurang baik dengan indeks MPN (1-50/100ml), 1 sampel (4%) dengan kualitas air minum yang buruk dengan indeks MPN (51-100/100ml), dan 11 sampel (44%) dengan kualitas air amat buruk dengan indeks MPN (≥100/100ml). Dari 18 sampel hanya 2 sampel saja ditemukan bakteri E.coli. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa 18 dari 25 sampel yang diteliti mengandung bakteri Coliforms dan tidak memenuhi syarat mikrobiologis air minum. Dari 18 sampel yang mengandung bakteri Coliforms, hanya 2 dari 18 sampel mengandung bakteri Escherichia coli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Arni Amir, MS
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Coliforms, Metode MPN, Escherichia coli.
Subjects: Q Science > QR Microbiology
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 27 Jun 2022 03:29
Last Modified: 27 Jun 2022 03:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105953

Actions (login required)

View Item View Item