LEKSIKON MAKANAN BERBAHASA MINANGKABAU DALAM TRADISI PERKAWINAN DI KENAGARIAN TANJUNG, KECAMATAN KOTO VII, KABUPATEN SIJUNJUNG

Nila, Kurnia (2022) LEKSIKON MAKANAN BERBAHASA MINANGKABAU DALAM TRADISI PERKAWINAN DI KENAGARIAN TANJUNG, KECAMATAN KOTO VII, KABUPATEN SIJUNJUNG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (66kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (69kB)
[img] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (53kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (838kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk satuan lingual serta makna leksikon makanan berbahasa Minangkabau yang terdapat dalam tradisi perkawinan di Kenagarian Tanjung, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini menggunakan teori antropolinguistik yang dikemukakan oleh Sibarani serta teori linguistik lainnya sebagai pendukung. Metode dan teknik penyediaan data menggunakan metode cakap dengan teknik dasar pancing, dan teknik lanjutan yaitu teknik cakap semuka. Metode dan teknik analisis menggunakan metode padan, dengan teknik dasar pilah unsur penentu (PUP), teknik lanjutan teknik hubung banding membedakan (HBB). Metode dan teknik penyajian hasil analisis data menggunakan metode informal dan formal. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan 29 leksikon nama-nama makanan dengan klasifikasi kata dan frasa. Dari 29 leksikon makanan tersebut 6 berupa kata bentuk tunggal, 1 berupa bentuk kompleks, 21 berbentuk frasa endosentrik, dan 1 berupa frasa koordinatif. Dari seluruh data yang ditemukan ada yang bermakna leksikal, gramatikal, kontekstual dan kultural.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Rona Almos, S.S., M. Hum.
Uncontrolled Keywords: leksikon, makanan, tradisi, perkawinan, antropolinguistik
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Daerah
Depositing User: s1 sastra minang
Date Deposited: 22 Jun 2022 08:36
Last Modified: 22 Jun 2022 08:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105912

Actions (login required)

View Item View Item