PENGARUH LAMA PENYIMPANAN TERHADAP KUALITAS SEMEN AYAM KAMPUNG UNGGUL BALITNAK (KUB-1) YANG DI ENCERKAN DENGAN BELSTVILLE POULTRY SEMEN EXTENDER (BPSE)

Ap, Apriadi (2022) PENGARUH LAMA PENYIMPANAN TERHADAP KUALITAS SEMEN AYAM KAMPUNG UNGGUL BALITNAK (KUB-1) YANG DI ENCERKAN DENGAN BELSTVILLE POULTRY SEMEN EXTENDER (BPSE). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Watermark 1 (cover dan abstrak).pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (Bab 1)
Watermark 2 Bab 1.pdf - Published Version

Download (284kB)
[img] Text (Bab 5)
Watermark 3 Bab Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
watermark 4 daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text (Skripsi Text Full)
new PDF Bismillah Skripsi Apriadi (1610612060) setelah edit.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

PENGARUH LAMA PENYIMPANAN TERHADAP KUALITAS SEMEN AYAM KAMPUNG UNGGUL BALITNAK (KUB-1) YANG DIENCERKAPN DENGAN BELTSVILLE POULTRY SEMEN EXTENDER (BPSE) Apriadi, di bawah bimbingan Dr. Ir. Masrizal, MS dan Dr. Rusfidra, S.Pt, MP Bagian Teknologi Produksi Ternak Fakultas Peternakan Universitas Andalas Padang, 2022 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu penyimpanan yang optimal pada semen Ayam Kampung Unggul Balitnak (KUB-1) menggunakan pengencer BPSE yang diukur berdasarkan kualitas spermatozoa Ayam KUB-1 meliputi motilitas, persentase hidup dan abnormalitas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan 4 perlakuan yaitu penyimpanan 0 jam, 3 jam, 5 jam dan 7 jam dengan 4 kali pengambilan semen sebagai ulangan. Ayam KUB-1 yang dipakai rata-rata sudah berumur 1 tahun lebih. Sperma diambil dengan metode massage dari semua ayam yang berjumlah 4 ekor, lalu semen dibagi menjadi 4 bagian dan diencerkan dengan BPSE sampai konsentrasi 800 jt/ml, selanjutnya dilakukan penyimpanan semen sesuai dengan perlakuan pada suhu 40C. Masing-masing perlakuan diamati persentase motilitas, persentase hidup, persentase abnormalitas menggunakan mikroskop. Data hasil penelitian diolah dengan analisis of varians menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dan uji lanjut dengan duncan’s multiple range test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama penyimpanan semen ayam KUB yang diencerkan dengan BPSE memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap persentase motilitas, berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap persentase hidup tetapi tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap persentase abnormalitas spermatozoa. Penelitian ini menunjukkan pula bahwa kualitas semen ayam KUB masih layak digunakan untuk IB sampai lama penyimpanan 7 jam. Kata kunci : Ayam Kampung Unggul Balitnak, penyimpanan, semen, kualitas spermatozoa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
D History General and Old World > D History (General)
D History General and Old World > DS Asia
L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QH Natural history
Q Science > QR Microbiology
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 27 Jun 2022 08:42
Last Modified: 27 Jun 2022 08:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105742

Actions (login required)

View Item View Item