Manajemen Program Pendidikan Anak Usia Dini bagi Suku Anak Dalam oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sarolangun

Marselia, Febi Prianka (2022) Manajemen Program Pendidikan Anak Usia Dini bagi Suku Anak Dalam oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sarolangun. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (197kB)
[img] Text (Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian dan Manfaat Penelitian)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (561kB)
[img] Text (Kesimpulan dan Saran)
BAB VI PENUTUP.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (Skrisi full text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRACT Marselia Febi Prianka, NIM 1810842006, Management of the Early Childhood Education Program for Suku Anak Dalam (SAD) by the Education and Culture Office of Sarolangun Regency, Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Sciences, Andalas University. Supervised by Dr. Roni Ekha Putera, S.IP, M.PA and Drs. Yoserizal, M.Si. This thesis consists of 160 pages with references to 5 theory books, 3 method books, 5 theses, 8 journals, 8 documents, 6 websites. The Early Childhood Education Program for SAD is no different than the Early Childhood Education Program in general. The early childhood education program for SAD implementation aims to provide SAD with good and systematic learning from an early age. As a result, the Early Childhood Education Division, as the person in charge of the early childhood program, develops supporting activities to ensure that SAD is willing to participate in this early childhood program. Nevertheless, there are various problems in implementing the early childhood program for the Suku Anak Dalam (SAD), both from the Education Office in meeting the needs for the implementation of the early childhood program the Suku Anak Dalam (SAD), and from the Suku Anak Dalam (SAD) itself. The purpose of this study was to analyze early childhood program management for SAD conducted by the Education and Culture Office of Sarolangun Regency with a qualitative descriptive research approach. The analysis of this research is carried out by describing the phenomena found in the field using the theory of William H. Newman which states that the management process consists of the planning, organizing, assembling resources, supervising, and controlling. The results of this study indicated that the management of the early childhood education program for SAD carried out by the Education and Culture Office of Sarolangun Regency is still not optimal yet, this is because there is no uniformity in the provision of budget requirements for each early childhood institution which has an impact on the fulfillment of facilities and infrastructure that are not running well besides that in 2021 no direct supervision will be carried out. Meanwhile, the process of planning, organizing, and controlling work carried out by the Education and Culture Office of Sarolangun Regency has been going well, although several problems were found, namely the implementation of activities that were not in accordance with the time provisions that had been set in the planning process.. Keywords: Early Childhood Education Program, Suku Anak Dalam (SAD), Dikpendikbud Sarolangun ABSTRAK Marselia Febi Prianka, NIM 1810842006, Manajemen Program Pendidikan Anak Usia Dini bagi Suku Anak Dalam (SAD) oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sarolangun, Jurusan Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas. Dibimbing oleh Dr. Roni Ekha Putera, S.IP, M.PA dan Drs. Yoserizal, M.Si. Skripsi ini terdiri dari 160 Halaman dengan referensi 5 buku teori, 3 buku metode, 5 Skripsi, 8 Jurnal,8 dokumen, 6 Website. Program Paud bagi SAD dengan Program Paud pada umumnya tidak berbeda. Penyelenggaraan program paud bagi SAD ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran yang baik dan sistematis sejak dini kepada SAD. Oleh sebab itu Bidang Paudni sebagai penanggung jawab program paud membentuk kegiatan-kegiatan penunjang agar SAD mau mengikuti program paud ini. Meskipun demikian, terdapat berbagai permasalahan dalam pelaksanaan program paud bagi Suku Anak Dalam (SAD) baik itu dari Dinas Pendidikan dalam memenuhi kebutuhan untuk penyelenggaraan program paud bagi Suku Anak Dalam (SAD) maupun permasalahan dari Suku Anak Dalam (SAD) itu sendiri. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis manajemen program paud bagi SAD yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sarolangun dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun analisis penelitian ini dilakukan dengan mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ditemukan di lapangan menggunakan teori William H. Newman yang menyebutkan proses manajemen terdiri dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengumpulan sumber, pengendalian kerja, dan pengawasan Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam manajemen program paud bagi SAD yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sarolangun masih belum maksimal, hal itu karena ditemukan ketidakseragaman dalam pemberian kebutuhan anggaran untuk tiap lembaga paud sehingga berdampak juga pada pemenuhan sarana dan prasarana yang tidak berjalan dengan baik, selain itu pada tahun 2021 tidak ada pengawasan langsung yang dilakukan. Sedangkan pada proses perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian kerja yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sarolangun sudah berjalan baik, meskipun ditemukan beberapa permasalahan yaitu penyelenggaraan kegiatan yang tidak sesuai dengan ketentuan waktu yang telah ditetapkan dalam proses perencanaan. Kata Kunci : Program Paud, Suku Anak Dalam (SAD), Dikpendikbud Sarolangun

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 17 Jun 2022 04:29
Last Modified: 17 Jun 2022 04:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105675

Actions (login required)

View Item View Item