DEBI, ANSULY (2015) PERENCANAAN STRATEGI BISNIS PENGIRIMAN PAKET PT POS INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (skripsi full text)
201502061816th_debi ansuly 1010931018.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (510kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat saat ini menyebabkan terjadinya perubahan perilaku masyarakat dalam berbelanja. Hal ini didukung oleh semakin banyaknya bisnis berbelanja online atau e-commerce di masyarakat. PT Pos Indonesia sebagai salah satu badan usaha yang bergerak dalam pengiriman surat maupun paket juga memiliki peluang yang cukup besar dalam bisnis ini. Namun kekuatan PT Pos Indonesia saat ini belum bisa dikatakan baik, karena, berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan terhadap 30 sampel masyarakat dan mahasiswa di Kota Padang menunjukkan bahwa hanya sekitar 7% masyarakat memilih PT Pos Indonesia sebagai kurir pengiriman barang. Sedangkan kepercayaan terhadap jasa pengiriman paket terbesar diberikan kepada JNE dan TIKI. Penelitian ini dilakukan untuk merancang strategi bisnis yang tepat bagi PT Pos Indonesia untuk bersaing dalam bisnis pengiriman paket atau barang. Metodologi penelitian yang dilakukan adalah dengan mengumpulkan data wawancara dari kepala PT Pos Indonesia Padang, Manajer Pemasaran, Manajer LPSK, dan Asisten Manajer Paket Pos untuk merumuskan faktor-faktor eksternal berupa peluang dan ancaman yang dihadapi dan faktor internal meliputi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki PT Pos Indonesia. Kemudian melakukan perumusan strategi melalui tiga tahap, yaitu tahap input (matriks EFE, IFE, dan CPM), tahap pencocokan (matriks IE, SWOT, dan Strategi Besar), dan tahap keputusan (QSPM). Dari hasil rencana strategi yang dibuat, dapat disimpulkan bahwa PT Pos Indonesia Padang berada pada lingkungan internal dan eksternal yang baik (di atas rata-rata 2,5). Hal ini dapat dilihat dari hasil matriks IFE dan EFE yaitu 3,188 dan 3,061. Namun posisi PT Pos Indonesia dibandingkan dengan pesaingnya termasuk lemah (3,060) dibandingkan dengan JNE dan TIKI (3,277 dab 3,152). Berdasarkan QSPM, strategi usulan yang diberikan untuk PT Pos Indonesia Padang pada kondisi perusahaan seperti ini adalah strategi intensif. Strategi intensif terdiri dari penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Kata kunci : CPM, IE, Strategi Besar, QSPM
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TF Railroad engineering and operation |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | Mr Zainal Abidin |
Date Deposited: | 11 Jun 2016 03:47 |
Last Modified: | 11 Jun 2016 03:47 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10564 |
Actions (login required)
View Item |