JENNI, ROLIKA (2015) RISK ASSESSMENT PENDISTRIBUSIAN SEMEN JALUR LAUT DI PT SEMEN PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (skripsi full text)
201502061451th_jenni rolika 0810932036.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (792kB) |
Abstract
PT Semen Padang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur yang memproduksi semen. Semen hasil produksi tersebut tentu harus didistribusikan ke konsumen. Aktivitas distribusi ini tentu tidak terlepas dari kesalahan dan kerugian yang mengakibatkan terhambatnya tujuan dari perusahaan. Kerugian dan kesalahan yang akan menghambat tujuan ini merupakan risiko. Untuk meminimalkan risiko yang terjadi pada aktivitas distribusi perlu dilakukan penelitian tentang manajemen risiko distribusi semen melalui jalur laut, sehingga risiko yang dapat menghambat proses distribusi dapat dikurangi dan dihilangkan. Penelitian yang dilakukan ini yaitu manajemen risiko distribusi semen melalui jalur laut dengan pendekatan kerangka kerja ISO 31000. Pendekatan kerangka kerja ISO 31000 ini memiliki beberapa tahap yaitu penetapan konteks, identifikasi risiko, analisis risiko, evaluasi risiko dan perlakuan risiko. Konteks yang dikaji dalam penelitian ini yaitu distribusi semen yang dilakukan pada jalur laut. Identifikasi risiko ini dilakukan dengan melihat proses bisnis distribusi semen jalur laut. Setelah dilakukan identifikasi risiko maka didapatkan risiko yang mungkin terjadi pada distribusi semen jalur laut. Penilaian kemungkinan dan dampak terjadinya risiko dilakukan dengan judgement oleh pakar. Kemudian dilakukan analisis terhadap nilai kemungkinan dan dampak dari masing-masing risiko, sehingga didapatkan nilai tingkat risiko untuk masing-masing risiko tersebut. Nilai tingkat risiko menjadi pedoman dalam melakukan pemetaan dari risiko. Risiko yang memiliki tingkat risiko yang diprioritaskan akan dikaji lebih lanjut strategi mitigasi dari risiko tersebut. Perumusan strategi mitigasi dari risiko yang diprioritaskan bertujuan untuk mengurangi dan menghindari terjadinya risiko. Setelah dilakukan identifikasi risiko didapatkan 14 risiko yang berpotensi terjadi pada distribusi semen jalur laut di PT Semen Padang. 14 risiko yang didapatkan dilakukan pemetaan pada matriks risiko. Hasil dari pemetaan tersebut adalah 5 risiko di daerah low, 8 risiko di daerah medium, dan 1 risiko di daerah high. Perumusan strategi mitigasi dilakukan untuk risiko peningkatan biaya transportasi (R01). Kata Kunci :Manajemen risiko, ISO 31000, strategi mitigasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TF Railroad engineering and operation |
Divisions: | Fakultas Teknik > Industri |
Depositing User: | Mr Zainal Abidin |
Date Deposited: | 11 Jun 2016 03:39 |
Last Modified: | 11 Jun 2016 03:39 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10552 |
Actions (login required)
View Item |