Pengaruh Persentase Serat Tebu Pada Komposit dengan Matriks Resin Epoxy Terhadap Nilai Strees Intensity Factor Critic (K1c) Menggunakan Pengujian Crack Propagation

Muharani, Mutia Yuningsih (2022) Pengaruh Persentase Serat Tebu Pada Komposit dengan Matriks Resin Epoxy Terhadap Nilai Strees Intensity Factor Critic (K1c) Menggunakan Pengujian Crack Propagation. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (78kB)
[img] Text (BAB V)
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (64kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
TA Sidang 1710911025 Muharani Mutia Yuningsih.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Salah satu kegagalan material yaitu retak. Dengan adanya retakan yang mengalami perambatan pada material mengakibatkan kekuatan dari material menurun sehingga tidak mampu menahan beban maka terjadi patah. Seiring perkembangan teknologi, penggunaan material komposit terus meningkat sehingga menjadi tantangan untuk mendapatkan material baru yang memiliki nilai guna serta berdampak positif untuk lingkungan. Fraksi massa dan ukuran serat matrik akan berpengaruh kepada kekuatan mekanik material komposit. Sifat mekanik yang umum dilakukan peningkatan dari material komposit yaitu ketangguhan. Alasan penggunaan material komposit yaitu sebagai alternatif dalam dunia industri, dimana proses manufaktur yang relatif sederhana jika dibandingkan dengan material logam. Adapun penelitian tugas akhir ini adalah melakukan kajian eksperimental material komposit dengan mengunakan serat tebu dengan matriks resin epoxy. Serat tebu yang dipilih adalah yang telah dipisahkan dari lignin, lilin, selulosa, hemiselulosa, dan mineral. Metode yang dilakukan untuk mengetahui kekutan material komposit serat tebu dengan matriks resin epoxy adalah pengujian retak. Alat uji yang digunakan yaitu uji tarik mini dengan standar ASTM D 5045. Variabel persentase serat tebu yang digunakan yaitu 0%, 5%, 10%, 15%, 20%, 25%, dan 30%. Dari pengujian yang dilakukan di dapat bahwa persentase resin epoxy dengan serat tebu yang paling efektif atau yang memiliki nilai factor intensitas tegangan (K1c) yang paling tinggi adalah pada persetase 80%-20% dengan nilai K1c 1,624 Mpa√m. Sedangkan nilai KI terendah terdapat pada persentase epoxy 100%. Harga faktor intensitas tegangan (K1c) menunjukan ketangguhan dari material.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nusyirwan, M.T.
Uncontrolled Keywords: Komposit, Persentase Serat Tebu, Pengujian Retak, Harga Faktor Intensitas Tegangan (K1c)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 10 Jun 2022 08:15
Last Modified: 10 Jun 2022 08:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105236

Actions (login required)

View Item View Item