SIFAT FISIK DAN MEKANIK KOMPOSIT LAMINATE VINYLESTER- UNIDIRECTIONAL (UD) CARBON FIBER SEBAGAI KANDIDAT FLOATING MATERIAL PESAWAT AMFIBI N-219

Syania, Apri Tiwi (2022) SIFAT FISIK DAN MEKANIK KOMPOSIT LAMINATE VINYLESTER- UNIDIRECTIONAL (UD) CARBON FIBER SEBAGAI KANDIDAT FLOATING MATERIAL PESAWAT AMFIBI N-219. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (159kB)
[img] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pada pengembangan pembuatan pesawat terbang amfibi diawali dengan menggunakan material jenis logam sebagai komponen dari pesawat terbang amfibi. Sering berkembangnya zaman komponen material pesawat terbang amfibi diganti menggunakan material komposit. Komposit merupakan suatu material yang terdiri dari dua atau lebih material berbeda yang dikombinasi dalam bentuk struktur makroskopik. Komposit tersusun dari berbagai unsur pembentuk secara garis besar dapat dikelompokkan sebagai 2 bagian utama yaitu reinforcement dan matriks. Dimana pada penelitian ini menggunakan matriks vinyl ester, sedangkan reinforcement yang digunakan serat karbon unidirectional (UD) toray (UT70-20G) dan serat karbon unidirectional (UD) justus dengan metode vacuum infusion (VARI). Setelah di manufaktur panel komposit akan disiapkan untuk pengukuran densitas, pengujian tarik dan pengujian tekan. Sebelum dilakukan pengujian spesimen uji tarik dan uji tekan divariasikan sebagian dengan post curing 80oC. Pada pengukuran densitas diperoleh hasil 1,34 g/cm3. Hasil pengujian mekanik menunjukkan bahwa dengan pemberian post curing 80oC mengalami peningkatan pada kekuatan tarik dan kekuatan tekan. Untuk kekuatan tarik masing-masing meningkat 42% dan 15% untuk justus dan toray. Kekuatan tekan juga meningkat masing-masing sebesar 20% dan 34% untuk justus dan toray..

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Eng. Ilhamdi
Uncontrolled Keywords: Komposit, Vinyl Ester, Unidirectional Toray (UT70-20G), Unidirectional Justus, Vacuum Infusion, Post Curing.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 08 Jun 2022 08:19
Last Modified: 08 Jun 2022 08:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105199

Actions (login required)

View Item View Item