FRICILLYA, UTARI PUTRI (2015) PENERAPAN PROGRAM PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) PADA KANTOR CAMAT SUNGAI PUA KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
Text (TUGAS AKHIR)
201506121306th_tugas akhir.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (622kB) |
Abstract
Peningkatan pelayanan publik di daerah dapat dilakukan dengan inovasi manajemen pada unit layanan di Satuan Kerja Perangkat Derah (SKPD) atau pada tingkat yang secara langsung berhadapan dengan masyarakat yaitu kecamatan. Tuntutan masyarakat akan peningkatan kinerja pemerintah dalam pelayanan publik semakin meningkat, ini disikapi positif oleh pemerintah dan diberi respon dengan baik. Menyadari hal itu Kementerian Dalam Negeri telah menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 tahun 2010 tentang Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) merupakan sebuah inovasi sederhana namun memberikan manfaat yang besar, selain mempermudah masyarakat memperoleh pelayanan, juga memperbaiki citra dan legitimasi pemerintah daerah di mata masyarakat. Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) adalah penyelenggaraan pelayanan publik di kecamatan yang proses pengelolaannya, mulai dari permohonan sampai ke tahap terbitnya dokumen dilakukan dalam satu tempat. Satu tempat disini berarti cukup melalui satu meja atau loket pelayanan. Sistem ini memosisikan warga masyarakat hanya berhubungan dengan petugas meja/loket pelayanan di kecamatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > D3 Kesekretariatan dan Manajemen Perkantoran |
Depositing User: | Yth Vebi Dwi Putra |
Date Deposited: | 11 Jun 2016 02:12 |
Last Modified: | 11 Jun 2016 02:12 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10508 |
Actions (login required)
View Item |