Wahyu Fajri, Pratama (2022) Perilaku Komunikasi Fans Identity Dalam Membentuk Brand Community Pada Komunitas Sepakbola Pena Real Madrid Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover Dan Abstrak)
Text (Cover dan Abstrak).pdf - Published Version Download (61kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I Pendahuluan)
Text (BAB I Pendahuluan).pdf - Published Version Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 5 Penutup)
Text (BAB V Penutup).pdf - Published Version Download (40kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version Download (276kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full Text)
Text (Skripsi Full Text).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan pada komunitas fans suporter sepak bola di Indonesia tak bisa di pungkiri memiliki hubungan antar supporter sepak bola Indonesia yang tidak selamanya berjalan harmonis, Banyak juga yang berujung pada sepak bola Indonesia ini pada konflik atau rivalitas. Mereka dengan sangat kreatif membuat jargon-jargon tertentu untuk menamai kelompoknya. Sehingga dinamakan suporter sejati yang fanatik. Oleh karena itu maka peneliti tertarik bagaimana Perilaku komunikasi fans identity PRMI Padang dalam membentuk brand community pada tradisi mereka. Penelitian ini menggunakan teori Interaksi Simbolik sebagai landasan dalam membahas dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan juga pendekatan fenomenologi dalam penelitian. Peneliti menggunakan paradigma konstruktivis sebagai pandangan dasar dalam melihat sebuah fenomena dari permasalahan yang diangkat oleh peneliti. Subjek penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini terdiri atas sumber data primer dan juga sekunder yang dianalisis melalui interpretative phenomenologycal analysist serta uji keabsahan data dengan menggunakan refleksivitas. Perilaku komunikasi yang diperlihatkan dari setiap anggota dari PRMI Padang melibatkan identitas, atribut dan tradisi komunitas. Pembentukan brand community juga sama halnya dengan membentuk fans identity. Brand community yang terbentuk dari komunitas ini adalah komunitas yang solid dan juga ramah. Hal ini terlihat dari setiap agenda dan interaksi dari anggota bersama dengan pihak luar komunitas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Ernita Arif, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Brand Community, Fans Identity, Pena Real Madrid Padang |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | s1 ilmu komunikasi |
Date Deposited: | 08 Jun 2022 04:44 |
Last Modified: | 08 Jun 2022 04:44 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/105067 |
Actions (login required)
View Item |