Induksi Ketahanan Tanaman Padi dengan Menggunakan Bakteri Endofit untuk Mengendalikan Penyakit Bercak daun (Curvularia oryzae BUGNIC.)

Gusniati, Gusniati (2022) Induksi Ketahanan Tanaman Padi dengan Menggunakan Bakteri Endofit untuk Mengendalikan Penyakit Bercak daun (Curvularia oryzae BUGNIC.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bakteri endofit mampu menginduksi ketahanan tanaman terhadap patogen dan memacu pertumbuhan serta hasil tanaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bakteri endofit yang terbaik dalam menginduksi ketahanan terhadap penyakit bercak daun (Curvularia oryzae) dan meningkatkan pertumbuhan serta hasil tanaman padi. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Fitopatologi, Laboratorium Mikrobiologi, dan Rumah Kaca Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Padang dari bulan Januari sampai Mei 2021. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 8 perlakuan (6 jenis bakteri endofit yang berbeda, kontrol positif, kontrol negatif) dan 3 ulangan. Bakteri endofit yang digunakan adalah Bacillus cereus galur Se07, Bacillus cereus galur P14, Serratia marcescens galur ULG1E4, Serratia marcescens galur JB1E3, Bacillus sp.galur SJI, Bacillus subtilis. Parameter yang diamati yaitu perkembangan penyakit bercak daun, pertumbuhan bibit padi, pertumbuhan tanaman padi dan hasil tanaman padi. Hasil penelitian menunjukkan bakteri endofit yang terbaik dalam menginduksi ketahanan tanaman padi terhadap penyakit bercak daun (Curvularia oryzae) dan meningkatkan pertumbuhan serta hasil tanaman padi adalah Bacillus cereus galur Se07 dengan efektivitas penekanan keparahan penyakit 68,96 %, efektivitas peningkatan jumlah daun tanaman 20,23 % dan efektivitas peningkatan berat gabah 8,03 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.Zurai Resti, S.P,M.P.
Uncontrolled Keywords: bakteri endofit, Curvularia oryzae, induksi ketahanan, tanaman padi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 03 Jun 2022 08:00
Last Modified: 03 Jun 2022 08:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/104984

Actions (login required)

View Item View Item