SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM MODERN TINGKAT DASAR DI KOTA PADANG: PERKEMBANGAN SDIT ADZKIA 1, SDIT ADZKIA 2, DAN SDIT ADZKIA 3 (1996-2016)

Augridma, Yuhak (2022) SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM MODERN TINGKAT DASAR DI KOTA PADANG: PERKEMBANGAN SDIT ADZKIA 1, SDIT ADZKIA 2, DAN SDIT ADZKIA 3 (1996-2016). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak dan cover.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB I fix.pdf - Published Version

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V fix.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Augridma Yuhak 1810712002 fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Sejarah Pendidikan Islam Modern Tingkat Dasar di Kota Padang: Perkembangan SDIT Adzkia 1, SDIT Adzkia 2 dan SDIT Adzkia 3 (1996-2015)” merupakan kajian tentang sejarah pendidikan Islam. Penelitian ini memaparkan mengenai dinamika perkembangan SDIT Adzkia di Kota Padang. Fokus dari penelitian ini berkaitan dengan perkembangan SDIT Adzkia 1, SDIT Adzkia 2 dan SDIT Adzkia 3 dengan berbagai aspek yang terkait didalamnya seperti faktor perkembangannya. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang terdiri dari empat tahap. Tahap pertama adalah heuristik yaitu mengumpulkan dan menemukan sumber yang dapat menjadi bahan relevan bagi penelitian. Sumber ini berupa sumber primer dan sumber sekunder. Sumber yang didapatkan seperti arsip SDIT Adzkia dan Arsip Yayasan Adzkia Sumatera Barat, selain itu juga terdapat beberapa wawancara dengan Pihak Yayasan Adzkia maupun SDIT Adzkia. Tahap kedua, mengkritisi semua sumber yang telah didapatkan dengan menganalisa dan membandingkannya. Tahap ketiga adalah interpretasi, yaitu tahapan menafsirkan dan merangkai fakta dari sumber-sumber yang telah didapatkan. Tahap keempat yaitu historiografi yang merupakan tahapan terakhir dari penulisan sejarah. Pada tahap ini penulis merekonstruksi sejarah dengan menuliskan fakta-fakta sejarah hingga menjadi kesatuan yang utuh. Penelitian ini menjelaskan bahwa perkembangan SDIT Adzkia di Kota Padang terlihat saat tingginya angka peminat SDIT Adzkia di Kota Padang. Banyaknya orangtua yang tertarik dengan sistem pendidikan di SDIT Adzkia dikarenakan SDIT Adzkia merupakan SDIT pertama di Sumatera Barat yang menerapkan sistem Fullday School. Hal ini menjadikan SDIT Adzkia tidak dapat menampung jumlah peserta didik lebih banyak lagi, sehingga di buka lah beberapa cabang SDIT Adzkia di Kota Padang secara bertahap. Ketertarikan orangtua untuk menyekolahkan anak mereka di SDIT Adzkia juga dikarenakan beberapa faktor seperti mutu sekolah yang selalu ditingkatkan dengan menggunakan kurikulum gabungan yaitu kurikulum JSIT yang menerapkan nilai-nilai keislaman dalam setiap mata pelajarannya, mutu tenaga pengajar, kegiatan belajar yang menyenangkan serta fasilitas yang sangat memadai. Faktor-faktor inilah yang menjadikan SDIT Adzkia memiliki banyak peminat yang terus meningkat setiap tahunnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Witrianto, S.S., M.Hum., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Sekolah, SDIT, Fullday School
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CB History of civilization
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Depositing User: S1 Ilmu Sejarah
Date Deposited: 14 May 2022 07:16
Last Modified: 14 May 2022 07:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/103605

Actions (login required)

View Item View Item