APLIKASI SUMBER FOSPOR YANG BERBEDA TERHADAP KANDUNGAN FOSPOR DAN PROTEIN KASAR DAUN KELOR (Moringa oleifera) PADA TANAH ULTISOL

MARI, SANTI (2016) APLIKASI SUMBER FOSPOR YANG BERBEDA TERHADAP KANDUNGAN FOSPOR DAN PROTEIN KASAR DAUN KELOR (Moringa oleifera) PADA TANAH ULTISOL. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img] Text (SKRIPSI)
201602161154th_skripsi mari santi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pupuk sumber P yang berbeda (SP 36 dan Rock Phospat) terhadap ketersediaan P tanah, kandungan P daun dan protein kasar daun kelor (Moringa oleifera) pada tanah ultisol. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Tanah Fakultas Pertanian dan di Laboratorium Nutrisi Ruminansia Fakultas Peternakan Universitas Andalas. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 7 perlakuan dan 3 kali ulangan, yaitu: P0= tanpa pemupukan P (kontrol); P1= pupuk SP36 100 kg/ha; P2= pupuk SP36 200 kg/ha; P3= pupuk SP36 300 kg/ha; P4= pupuk Rock phospat (RP) 100 kg/ha; P5= pupuk Rock Phospat 200 kg/ha; dan P6= pupuk Rock Phospat 300 kg/ha. Data dianalisis menggunakan analisis ragam (ANOVA), jika terdapat pengaruh terhadap peubah yang diukur maka akan dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT). Peubah yang diamati adalah Ketersediaan P tanah, Kandungan P pada daun dan Kandungan Protein kasar pada daun kelor (Moringa oleifera). Hasil penelitian menunjukkan pemupukan sumber P tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap ketersedian P tanah dan kandungan protein kasar daun kelor, tetapi berbeda nyata (P <0,05) terhadap P daun. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pemupukan sumber P tidak berpengaruh terhadap ketersediaan P tanah dan protein kasar, tetapi berpengaruh terhadap kandungan P daun. Dalam waktu 3 bulan (90 hari) terlihat perlakuan yang terbaik di pemupukan sumber P SP-36, karena yang sifatnya mudah tersedia dalam tanah. Kata Kunci : Kelor (Moringa oleifera), Protein kasar, Rock Phospat, Ultisol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Yth Vebi Dwi Putra
Date Deposited: 07 Jun 2016 03:08
Last Modified: 07 Jun 2016 03:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10336

Actions (login required)

View Item View Item