JENIS SERANGGA PENGUNJUNG TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L. Cucurbitaceae) DI LUBUK MINTURUN, KOTA PADANG DAN SUNGAI PUA, KABUPATEN AGAM

WITA, PUSPITA SARI (2014) JENIS SERANGGA PENGUNJUNG TANAMAN MENTIMUN (Cucumis sativus L. Cucurbitaceae) DI LUBUK MINTURUN, KOTA PADANG DAN SUNGAI PUA, KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Skripsi Full Text)
201412041536th_skripsi_wita puspita sari 0910423079.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian mengenai jenis serangga pengunjung pada tanaman mentimun (Cucumis sativus L.) telah dilakukan pada dua lokasi yaitu Lubuk Minturun, Padang dan Sungai Pua, Kabupaten Agam pada bulan Juni 2013 sampai dengan Januari 2014. Metode yang digunakan adalah pengkoleksian secara langsung menggunakan jala serangga. Telah didapatkan 25 Jenis serangga yang tergolong ke dalam 6 Ordo, 12 Famili, 15 Genera dan 146 Individu. Ordo yang paling banyak mengunjungi adalah Ordo Hymenoptera (11 Jenis), diikuti oleh Lepidoptera (9 Jenis), sedangkan Ordo Orthoptera, Odonata, Hemiptera dan Diptera hanya ditemukan masing-masing hanya satu jenis. Famili yang terbanyak mengunjungi adalah Famili Nymphalidae (empat Jenis), sedangkan Anthoporidae dan Papilionidae ditemukan masing-masing tiga jenis. Famili Syrphidae, Coreidae, dan Libelullidae hanya ditemukan masing-masing hanya satu jenis. Genera yang paling banyak mengunjungi adalah Genera Xylocopa dan Papilio ditemukan masing-masing tiga jenis, sedangkan untuk Genus yang lainnya hanya ditemukan masing-masing satu jenis. Dua jenis dengan indvidu yang paling banyak adalah Xylocopa confusa (60 Individu), diikuti oleh Orthetrum sabina (30 Individu).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Mr Beni Adriyassin
Date Deposited: 06 Jun 2016 09:48
Last Modified: 06 Jun 2016 09:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10320

Actions (login required)

View Item View Item