Analisa Karakteristik Antena Mikrostrip Rectangular Patch dengan Teknik Double Substrate dan Penambahan Double I Slot pada Patch

Muhammad, Luthfian Ausri (2022) Analisa Karakteristik Antena Mikrostrip Rectangular Patch dengan Teknik Double Substrate dan Penambahan Double I Slot pada Patch. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Muhammad Luthfian Ausri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisa karakteristik antena mikrostrip rectangular patch yang menggunakan teknik double substrate dan penambahan double I slot pada patch dengan pencatuan coaxial feed yang bekerja pada frekuensi 4G LTE (Band 40) yaitu 2300 MHz – 2400 MHz. Substrate yang digunakan yaitu FR 4 Epoxy dengan konstanta dielektrik 4,4 dan ketebalan 1,6 mm. Salah satu kelemahan antena mikrostrip yaitu bandwidth yang sempit. Dalam menganalisa karakteristik antena mikrostrip dianalisa karakteristik antena yaitu parameter dari masing-masing rancangan antena. Pada antena dengan penambahan substrate atau double substrate terjadi peningkatan bandwidth sebesar 133,7 MHz dari rancangan awal 1 substrate dengan bandwidth yang dihasilkan sebesar 190,3 MHz. Pada antena dengan penambahan double I slot pada patch juga terjadi peningkatan bandwidth walaupun tidak terlalu besar dimana didapatkan bandwidth terbaik pada rancangan antena akhir. Rancangan antena akhir yaitu antena mikrostrip rectangular patch dengan teknik double substrate dan penambahan double I slot pada patch dengan mengoptimasi posisi slot dengan sudut dan diperoleh hasil optimasi posisi slot pada sudut 225°. Dengan penambahan double I slot pada patch dengan posisi sudut 225° menghasilkan return loss terbaik dengan nilai return loss minimum yang diperoleh sebesar -41,9651 dB. Hasil simulasi rancangan akhir antena diperoleh nilai bandwidth sebesar 191,4 MHz dengan rentang frekuensi kerja 2243,6 MHz – 2435 MHz, nilai gain sebesar 0,1901 dB – 0,4642 dB, dan pola radiasi direksional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Baharuddin, M.T
Uncontrolled Keywords: Antena Mikrostrip Rectangular Pacth, Teknik Double Substrate, Slot, Coaxial Feed, dan Analisa Karakteristik Antena.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 11 May 2022 06:49
Last Modified: 11 May 2022 06:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102749

Actions (login required)

View Item View Item