RANCANG BANGUN MAXIMUM POWER POINT (MPP) TRACKER SINAR MATAHARI PADA PANEL SURYA MENGGUNAKAN MOTOR DC DENGAN LOGIKA FUZZY

Ryan, Ogilvi (2016) RANCANG BANGUN MAXIMUM POWER POINT (MPP) TRACKER SINAR MATAHARI PADA PANEL SURYA MENGGUNAKAN MOTOR DC DENGAN LOGIKA FUZZY. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Energi panas matahari merupakan salah satu energi alternatif yang mudah dimanfaatkan. Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan kinerja dari panel surya agar mampu menghasilkan keluaran daya maksimal dengan sistem mekanis penggerak panel surya dan maximum power point tracking. Sistem dirancang menggunakan sensor UV, sensor tegangan dan sensor arus, motor DC, DC-DC konverter dengan logika fuzzy dan algoritma Perturbation And Observation yang dioperasikan menggunakan Arduino Uno. Pengontrolan gerak panel surya menggunakan motor DC dengan logika fuzzy dan sensor UV sebagai pendeteksi intensitas dari sinar matahari. Sistem maximum power point tracking menggunakan DC-DC konverter dan sebagai pengatur tegangan keluaran yang dihasilkan menggunakan algoritma Perturbation And Observation dan sensor tegangan dan sensor arus untuk mengetahui daya yang dihasilkan. Dari penelitian yang sudah dilakukan, sistem penggerak panel surya dapat menggerakkan panel surya ke intensitas cahaya matahari tertinggi. Dari pengujian yang dilakukan, sistem maximum power point tracking dapat mengolah hasil daya keluaran dari panel dengan daya keluaran maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Sistem Komputer
Depositing User: s1 sistem komputer
Date Deposited: 03 Jun 2016 06:55
Last Modified: 03 Jun 2016 06:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10244

Actions (login required)

View Item View Item