GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN ANAK USIA SEKOLAH DALAM PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 DI RW.10 KELURAHAN PASIE NAN TIGO

Siska, Prima Olimviani (2022) GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN ANAK USIA SEKOLAH DALAM PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN COVID-19 DI RW.10 KELURAHAN PASIE NAN TIGO. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
Bab I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (Karya Ilmiah Akhir Full text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pesatnya penyebaran virus COVID-19 di Indonesia membuat kebijakan baru dengan membuat sistem pembelajaran secara daring atau online. Pengetahuan, sikap, dan tindakan pada siswa berdampak signifikan dalam pemutusan rantai penularan COVID-19 ketika pembelajaran tatap muka kembali dibuka. Akan tetapi, masih kurangnya tingkat pengetahuan, sikap, dan tindakan tersebut pada anak usia sekolah.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengetahuan, sikap, dan tindakan anak usia sekolah dalam penerapan protokol kesehatan dalam pembelajaran tatap muka di RW.10 Kelurahan Pasie Nan Tigo. Penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia sekolah yang berusia 11-12 tahun sebanyak 25 orang yang memenuhi kriteria inklusi. Tingkat pengetahuan anak usia sekolah tinggi (88%), tingkat sikap anak usia sekolah baik (60%), dan tingkat tindakan anak usia sekolah rendah (76%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa anak usia disekolah di RW.10 Kelurahan Pasie Nan Tigo secara keseluruhan tingkat pengetahuan, sikap, dan tindakan dalam penerapan protokol kesehatan sudah cukup baik. Diharapkan sekolah dan perawat komunitas dan bencana lebih meningkatkan edukasi kepada anak terkait protokol kesehatan di era COVID-19 khususnya pada saat pembelajaran tatap muka agar tidak tertular virus COVID-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Mohd Jamil, S.Kp, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: COVID-19, anak usia sekolah, pengetahuan, sikap, tindakan
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 10 May 2022 02:13
Last Modified: 10 May 2022 02:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102219

Actions (login required)

View Item View Item