EFEKTIVITAS OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI SUMATERA BARAT

FEBRYAN, RAHMAT MULYAWAN (2014) EFEKTIVITAS OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (FULLTEXT)
201410271153th_skripsi lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan tentang Efektivitas Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Barat. Penelitian dilatarbelakangi oleh berbagai permasalahan pelayanan publik yang banyak terjadi di Kota Padang, Menurut data Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, Kota Padang menjadi kota yang paling banyak dilaporkan mengenai dugaan mal-administrasi yang terjadi di instansi-instansi publik yang ada di Kota Padang itu sendiri, dari 144 laporan yang ditangani Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Barat untuk Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2013, 60 laporan diantaranya berasal dari laporan masyarakat yang melaporkan dugaan mal-administrasi di Kota Padang. Dengan semakin banyaknya tuntutan masyarakat terhadap pelayanan publik di Kota Padang, Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Barat dituntut untuk dapat bekerja secara efektif dalam penyelesaian laporan aduan dugaan mal-administrasi yang terjadi di Kota Padang itu sendiri. Penelitian ini menggunakan teori efektifitas organisasi Martani dan Lubis yang mengukur efektivitas organisasi dengan menggunakan pendekatan proses dengan lima indikator pengukuran seperti, efisiensi pelayanan, semangat kerja dan loyalitas kerja, kemampuan dalam mendapatkan sarana dan prasarana, kemudian pengukuran terhadap responsivitas pegawai dan terakhir hubungan antara atasan terhadap bawahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara itu, teknik keabsahan data yang peneliti gunakan adalah triangulasi sumber. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, peneliti menarik kesimpulan bahwa Efektivitas Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Barat dapat dikatakan mencapai indikator keefektivitasan. Terutama pada indikator semangat kerja dan loyalitas kerja, responsivitas pegawai dan hubungan atasan terhadap bawahan. meskipun perlu pemaksimalan lagi pada efisiensi pelayanan dan sarana prasarana.. Kata kunci : Efektivitas, Ombudsman, Pelayanan Publik dan Laporan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: ms Meiriza Paramita
Date Deposited: 02 Jun 2016 09:59
Last Modified: 02 Jun 2016 09:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/10217

Actions (login required)

View Item View Item