Pengaruh Regulasi Emosi Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Universitas Andalas

Irhamny, Maulidya (2022) Pengaruh Regulasi Emosi Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Mahasiswa tahun akhir selama pengerjaan skripsi tentunya pernah mengalami berbagai permasalahan yang dapat membuat mereka mengalami stres akademik. Untuk mengatasinya maka dibutuhkan suatu kemampuan yang dapat menurunkan tingkat stres akademik tersebut salah satunya dengan regulasi emosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh regulasi emosi terhadap stres akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif berupa analisis regresi linear sederhana dengan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala stres akademik berdasarkan teori Gadzella dan skala regulasi emosi berdasarkan teori Thompson yang dikonstruksi sendiri oleh peneliti. Skala stres akademik memilki reliabilitas sebesar 0,944 dan skala regulasi emosi memilki reliabilitas sebesar 0,910. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari regulasi emosi terhadap stres akademik yang dapat dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) dan nilai R-square (R2) sebesar 0,173. Hal ini menunjukkan bahwa regulasi emosi mempengaruhi stres akademik sebesar 17,3 %, sedangkan 82,7 % lagi dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Siska Oktari, M.Psi, Psikolog
Uncontrolled Keywords: regulasi emosi, skripsi, stres akademik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 27 Apr 2022 02:38
Last Modified: 27 Apr 2022 02:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/102164

Actions (login required)

View Item View Item