Persepsi Masyarakat Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang terhadap Otopsi Forensik ditinjau dari Segi Pengetahuan, Agama, dan Budaya

Fitratul, Annisa (2022) Persepsi Masyarakat Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang terhadap Otopsi Forensik ditinjau dari Segi Pengetahuan, Agama, dan Budaya. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak Skripsi Fitratul Annisa.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 Skripsi Fitratul Annisa_1810312089.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
Bab Akhir Skripsi Fitratul Annisa_1810312089.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Skripsi Fitratul Annisa_1810312089.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Fitratul Annisa_1810312089.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Otopsi forensik adalah pemeriksaan terhadap jenazah termasuk pemeriksaan bagian luar dan dalam tubuh yang bertujuan untuk menentukan penyebab kematian. Banyaknya kasus penolakan otopsi forensik di masyarakat diakibatkan oleh faktor pengetahuan, agama, dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi masyarakat Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang terhadap otopsi forensik ditinjau dari segi pengetahuan, agama, dan budaya Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik simple random sampling. Data primer diambil menggunakan kuesioner dengan jumlah responden 99 orang masyarakat Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang yang telah memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian menunjukkan dari 99 orang terdapat 84 orang (84,8%) responden perempuan dengan rentang usia terbanyak adalah 19-39 (57,6%) tahun dan pendidikan terbanyak adalah SMA/Sederajat (59,6%). Hasil pengolahan data kuesioner didapatkan kebanyakan responden memiliki tingkat pengetahuan rendah (41,4%), persepsi dari segi agama adalah baik (80,8%) dan persepsi dari segi budaya adalah baik (77,8%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa persepsi masyarakat Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang terhadap otopsi forensik dari segi pengetahuan adalah rendah, dari segi agama dan budaya adalah baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Rika Susanti, Sp.FM (K)
Uncontrolled Keywords: otopsi forensik, pengetahuan, agama, budaya
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:56
Last Modified: 18 Apr 2022 02:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/101643

Actions (login required)

View Item View Item