Optimasi Waktu Pelapisan Hidroksiapatit pada Paduan Titanium (Ti6Al4V) ELI dengan Metode Dip Coating untuk Aplikasi Biomedis

Fikri, Febriansyah (2022) Optimasi Waktu Pelapisan Hidroksiapatit pada Paduan Titanium (Ti6Al4V) ELI dengan Metode Dip Coating untuk Aplikasi Biomedis. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kasus patah tulang di Indonesia menjadi penyebab kematian terbesar ketiga setelah penyakit jantung koroner dan tuberkulosis. Penanganan yang dapat dilakukan terhadap penderita patah tulang adalah melakukan implan tulang dengan memanfaatkan biomaterial. Salah satu biomaterial yang digunakan untuk implan adalah paduan titanium Ti6Al4V ELI yang memiliki yang memiliki biokompabilitas yang baik dan ketahanan korosi yang tinggi serta memiliki sifat mekanik yang mampu menahan pembebanan mengganti fungsi tulang. Akan tetapi material ini kurang bioaktif dalam memicu pertumbuhan tulang baru dan dalam waktu lama ion logam pada material dapat terjatuh ke dalam tubuh. Oleh karena itu untuk meningkatkan sifat bioaktif dan osseintegrasi tulang pada titanium dilakukan dengan melakukan pelapisan senyawa hidroksiapatit. Metode dip coating dilakukan untuk melapisi hidroksiapatit pada Ti6Al4V ELI. Substrat Ti6Al4V ELI dengan ukuran 20x20x4 mm dicelupkan ke dalam suspensi larutan hidroksiapatit dengan parameter variasi waktu pencelupan yaitu 10 detik, 14 detik, 24 detik, dan 30 detik. Analisis pengamatan karakteristik morfologi lapisan hidroksiapatit pada paduan titanium Ti6Al4V ELI dengan menggunakan mikroskop optik stereo Olympus SZX10 LG-PS2 dan SEM menujukkan seluruh permukaan variasi sampel terlapisi secara merata dengan ketebalan yang meningkat dari rentang 194 µm – 213 µm. Luas area permukaan sampel terlapisi hidroksiapatit pada waktu pencelupan 10 detik, 14 detik, 24 detik, dan 30 detik didapatkan nilai surface coverage berturut-turut sebesar 92,0%, 95,0%, 98,0% dan 98,6%. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan pengaruh waktu pencelupan mempengaruhi morfologi hasil pelapisan dan ketebalan pelapisan yang meningkat seiring meningkatnya waktu pencelupan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Eng. H. Gunawarman
Uncontrolled Keywords: Ti6Al4V ELI, Hidroksiapatit, Dip Coating, Waktu Pencelupan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 24 Mar 2022 06:46
Last Modified: 24 Mar 2022 06:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/100697

Actions (login required)

View Item View Item