Rancang Bangun Alat Kompensasi Daya Reaktif Untuk Kebutuhan Generator Induksi Menggunakan Arduino Uno Berbasis Switching Kapasitor Metode Binary Weighted

Miftahul, Rahmi Husna (2022) Rancang Bangun Alat Kompensasi Daya Reaktif Untuk Kebutuhan Generator Induksi Menggunakan Arduino Uno Berbasis Switching Kapasitor Metode Binary Weighted. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Penutup)
penutup.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir_Miftahul Rahmi Husna_1610951020.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Generator induksi umumnya digunakan pada pembangkit yang putarannya tidak konstan. Ketika generator induksi sebagai satu-satunya pembangkit pada sistem, suplay daya reaktif pada generator induksi dihasilkan oleh kapasitor eksitasi. Generator induksi yang tersambung pada grid mendapatkan suplay daya reaktif dari grid. Penyambungan Generator induksi tersambung ke grid dilakukan secara langsung dengan menyediakan kebutuhan daya reaktif generator induksi dari sumber grid. Hal ini dapat membebankan PLN karena banyaknya kebutuhan daya reaktif yang diserap mengakibatkan kualitas jaringan PLN memburuk. Masalah daya reaktif yang terjadi pada sistem tersebut dapat diminimalisir menggunakan kapasitor fixed dan kapasitor variabel. Sehingga suplay daya reaktif generator induksi dapat dipenuhi oleh kapasitor tersebut. Oleh karena itu diharapkan sistem generator induksi tersambung ke grid menggunakan kapasitor ini bisa menyediakan kebutuhan daya reaktifnya sendiri dan kapan perlu bisa membantu kebutuhan daya reaktif PLN jika dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang alat kompensasi daya reaktif untuk penyediaan kebutuhan daya reaktif generator induksi tersambung ke grid, Menguji alat kompensasi daya reaktif yang dirancang apakah sesuai dengan standar yang diharapkan dan Dapat mengurangi konsumsi daya reaktif generator induksi tersambung ke grid setelah dikompensasi. Perancangan alat pengatur kompensasi daya reaktif generator induksi tersambung ke grid menggunakan switching kapasitor metode binary weighted. Hasil dari penelitian ini setelah dilakukan kompensasi daya reaktif, daya reaktif yang diserap dari grid sebesar 2.4 Var dan daya reaktif yang disuplai oleh kompensator sebesar 9.2 Var.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Refdinal Nazir, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Generator Induksi, kapasitor, grid, daya reaktif
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 08 Mar 2022 07:14
Last Modified: 08 Mar 2022 07:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/100244

Actions (login required)

View Item View Item