Pengaruh Tegangan Input Terhadap Kinerja Reaktor Plasma DBD dalam Mengurangi Konsentrasi Gas CO Hasil Pembakaran Sampah Organik

Cakra, Safa Darma (2022) Pengaruh Tegangan Input Terhadap Kinerja Reaktor Plasma DBD dalam Mengurangi Konsentrasi Gas CO Hasil Pembakaran Sampah Organik. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
Penutup.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full)
Tugas Akhir Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sampah merupakan masalah yang saat ini dihadapi oleh masyarakat. Semakin tinggi tingkat pertumbuhan penduduk mengakibatkan banyaknya masyarakat menghasilkan sampah dari sampah organik maupun anorganik. Disisi lain penanganan sampah yang dilakukan masyarakat maupun pemerintah daerah belum optimal. Sampah yang tidak dikelola dengan baik akan berpengaruh terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat sekitarnya. metode insinerasi dapat menjadi solusi dalam permasalahan pengolahan sampah. Metode insinerasi mampu mengurangi sampah dalam jumlah besar akan tetapi teknologi ini juga memiliki kekurangan yaitu hasil pembakaran menghasilkan gas yang berbahaya. Salah satu gas buang yang berbahaya yaitu CO, gas CO bersifat reaktif dan dapat menyebabkan kematian apabila terhirup oleh manusia dalam konsentrasi yang besar. Gas karbon monoksida (CO) apabila dihirup gas ini akan berkaitan sangat kuat dengan haemoglobin darah. Haemoglobin yang smestinya mengangkut dan mengedarkan oksigen keseluruh tubuh akan teranggu. Tubuh akan kekurangan O2. Untuk mengantisipasinya yaitu dengan menggunakan reaktor plasma Dielectric Barrier Discharge (DBD) agar mengurai gas CO menjadi gas yang tidak berbahaya. Reaktor DBD ini dapat mereduksi gas buang terurai menjadi partikel gas yang lebih kecil. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kinerja tegangan pada reaktor plasma DBD dalam mengurangi konsentrasi gas CO. Faktor faktor yang dapat mempengaruhi efisiensi dari reaktor DBD yaitu arus, tegangan, laju alir, dan konfigurasi elektroda. Tegangan berpengaruh terhadap pereduksian gas CO karena semakin besar tegangan, maka arus yang dihasilkan juga semakin meningkat, maka akan mempercepat terjadinya proses ionisasi. Pada penelitian ini menggunakan variasi tegangan dari 15 kV, 20 kV, 25 kV, dan 30 kV. Penerapan plasma dilakukan selama 180 detik terhadap gas hasil pembakaran gas hasil pembakaran sampah organik menggunakan kertas bekas sebanyak 100 gram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reaktor plasma DBD 30kV mampu mengurangi konsentrasi gas CO sebanyak 86,1% dengan konsentrasi CO 215,09 ppm. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tegangan yang diberikan, konsentrasi ozon semakin besar dan konsentrasi karbon monoksida semakin berkurang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Aulia, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Sampah organik, insinerasi, plasma DBD, CO, tegangan
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 01 Mar 2022 07:39
Last Modified: 01 Mar 2022 07:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/100097

Actions (login required)

View Item View Item