Pengujian Retak Polimer Blend Polyester dan Vinylester dengan Penambahan Linseed Oil

Teguh, Pragia Almurdi (2021) Pengujian Retak Polimer Blend Polyester dan Vinylester dengan Penambahan Linseed Oil. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak-converted.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I-converted.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB akhir-converted.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-converted.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
Tugas Akhir_Teguh Pragia A. 1510912061-converted.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Polimer merupakan material yang banyak dikembangkan dan diteliti pada zaman sekarang. Polimer sangat berpotensi untuk ditingkatkan sifat mekanik dan sifat termalnya. Sifat mekanik yang umumnya ditingkatkan dari material polimer adalah ketangguhan. Alasan lain material polimer menjadi alternatif dalam dunia industri adalah proses pembuatan polimer yang relatif lebih sederhana jika dibandingkan dengan logam. Polimer blend yang digunakan dalam penelitian ini adalah polyester dan vinyl ester. Polyester umumnya digunakan dalam dunia industri dikarenakan polyester memiliki fleksibilitas dan kemudahan dalam proses pencetakannya. Sedangkan vinyl ester juga memiliki sifat mampu proses atau machine ability yang baik. Vinyl ester memiliki potensi yang baik untuk dapat meningkatkan sifat mekanik pada suatu unsur paduan, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan sifat mekanik pada paduan polyester. vinyl ester juga memiliki sifat mampu proses atau machine ability yang baik. Dalam penelitian ini, dibuat polimer blend dari paduan polyester dan vinyl ester ditambahkan linseed oil. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian retak dengan menggunakan alat uji tarik mini. Standar pengujian retak yang digunakan berdasarkan ASTM D 5045. Dengan menggunakan variabel campuran linseed oil 10%, 20%, dan 30%. Nilai yang didapat berdasarkan pengujian retak adalah harga faktor intesitas tegangan (K1c), dimana nilai efektif didapatkan pada variabel campuran linseed oil 30% sebesar 4,053 MPa.m1/2. Harga faktor intesitas tegangan (K1c) menunjukan ketangguhan dari material.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nusyirwan,MT
Uncontrolled Keywords: Polimer, Polimer Blend, Polyester, Vinyl Ester, Kecepatan Penarikan, Harga Faktor Intesitas Tegangan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Mesin
Depositing User: s1 teknik mesin
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:38
Last Modified: 07 Mar 2022 07:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/100092

Actions (login required)

View Item View Item