HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN MOTIVASI DOKTER DENGAN KELENGKAPAN PENGISIAN RESUME PULANG REKAM MEDIS PASIEN RAWAT INAP RS UNAND PADA TAHUN 2021

Rita, Anggraini (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN MOTIVASI DOKTER DENGAN KELENGKAPAN PENGISIAN RESUME PULANG REKAM MEDIS PASIEN RAWAT INAP RS UNAND PADA TAHUN 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 Kesimpulan dan Saran)
BAB 6 KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Ditemukan data rekam medis tidak lengkap oleh dokter di RS UNAND sebanyak 96,2%, sebanyak 32% merupakan pengisian resume medis. Hal ini menyebabkan terjadinya keterlambatan klaim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap dan motivasi dokter dengan kelengkapan pengisian resume pulang pasien rawat inap RS UNAND tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Penelitian dilakukan di RS Universitas Andalas pada bulan Desember 2020-Oktober 2021. Responden penelitian sebanyak 30 DPJP dan 90 dokumen resume medis dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Penelitian ini dilakukan dengan pengisian kuesioner elektronik, observasi dan pengisian lembar checklist, serta telaah dokumen. Sebanyak 63,3% berkas resume pulang pasien ditemukan tidak lengkap. Pada penelitian ini tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara pengetahuan (p value=1,0), sikap (p value=0,26) dan motivasi (p value=0,45) dengan kelengkapan pengisian resume pulang pasien di RS UNAND. Variabel pengetahuan, sikap, dan motivasi tidak menjadi faktor utama yang menentukan responden akan mengisi resume pulang pasien dengan lengkap atau tidak. Faktor lain seperti status kepegawaian, jam kerja, dan beban kerja yang mempengaruhi kelengkapan resume medis pasien. Diharapkan kepada pihak rumah sakit dapat memberikan rangsangan kepada DPJP untuk dapat meningkatkan kelengkapan pengisian resume pulang pasien dengan mengadakan sosialisasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Syafrawati, SKM, M.Comm Health, SC
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, sikap, motivasi, resume pulang pasien.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 16 Feb 2022 06:58
Last Modified: 16 Feb 2022 06:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99985

Actions (login required)

View Item View Item