Hubungan Kepatuhan Minum Obat pada Pasien Tuberkulosis (TBC) dengan Penerapan Teori Health Belief Model di Puskesmas Andalas Kota Padang

Putri, Annelydia (2022) Hubungan Kepatuhan Minum Obat pada Pasien Tuberkulosis (TBC) dengan Penerapan Teori Health Belief Model di Puskesmas Andalas Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK (3).pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
KESIMPULAN DAN SARAN (1).pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (2).pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL PUTRI ANNELYDIA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kepatuhan pasien TBC menjalani pengobatan secara teratur menjadi peran penting dalam mencapai keberhasilan pengobatan. Persepsi penderita merupakan peran penting dalam mendorong kepatuhan berobat. Salah satu teori perubahan perilaku kesehatan yang berfokus pada persepsi dan kepercayaan individu terhadap suatu penyakit yaitu Health Belief Model. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepatuhan minum obat pada pasien tuberkulosis (TBC) dengan penerapan teori health belief model di wilayah kerja Puskesmas Andalas Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan Observasional Analitik dengan desain studi cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Andalas Kota Padang dengan sampel sebanyak 67 orang responden penderita TBC. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuisoner hasil pengembangan variabel penelitian berdasarkan health belief model dan kepatuhan minum obat kepada responden. . Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan sistem komputerisasi dan dianalisis dengan chi square. Berdasarkan hasil penelitian diketahui p < 0,005 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho diterima yaitu terdapat hubungan kepatuhan minum obat pada pasien tuberkulosis (TBC) dengan penerapan teori health belief model di wilayah kerja Puskesmas Andalas Kota Padang. Pasien TBC diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan minum obat yang belum terpenuhi dengan pendekatan teori health belief model sehingga akan meningkatkan angkat kepatuhan dalam minum pada pasein TBC. Kata Kunci : tuberkolosis, health belief model, kepatuhan minum obat Daftar Pustaka : 61 (2011-2021)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Esi Afriyanti, S.Kp, M.Kes
Uncontrolled Keywords: tuberkolosis, health belief model, kepatuhan minum obat
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:02
Last Modified: 14 Feb 2022 03:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99927

Actions (login required)

View Item View Item