CINTHIA MUTIARA, ZENI (2022) "SMP N 8 PADANG : DARI SEKOLAH RSBI HINGGA SEKOLAH RUJUKAN (2007-2014)". Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version Download (258kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V Kesimpulan)
BAB V.pdf - Published Version Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (154kB) | Preview |
|
Text (Skripsi Full)
Skripsi Cinthia Mutiara.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini berjudul “SMP N 8 PADANG : DARI SEKOLAH RSBI HINGGA SEKOLAH RUJUKAN (2007-2014)” yang merupakan kajian tentang sejarah pendidikan. Penelitian ini menelaah tentang sejarah perkembangan sekolah terutama tentang sekolah dengan status bertaraf Internasional dengan segala aspek yang ada didalamnya. Kajian sejarah sekolah ini berisi jawaban terkait berbagai rumusan masalah yang diajukan terutama menjawab bagaimana praktek implementasi RSBI di SMP N 8 Padang. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang terdiri atas empat tahapan. Pertama, heuristic yaitu mencari , mengumpulkan dan menemukan bahan atau sumber yang akan menjadi bahan relevan dengan penelitian. Sumber-sumber yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber primer (arsip, wawancara dengan narasumber yang sezaman ), dan sumber sekunder (buku, skripsi, dan laporan penelitian). Tahap kedua adalah mengkritik berbagai temuan sumber berdasarkan analisa mendalam. Tahapan ketiga adalah interpretasi, yaitu tahapan menafsirkan makna yang terdapat dan merangkai fakta-fakta dari semua sumber yang diperoleh. Tahapan terakhir adalah historiografi, yaitu rekonstruksi atau historiografi fakta-fakta sejarah menjadi kesatuan yang utuh. Penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kebijakan RSBI di SMP N 8 Padang sebagai sekolah RSBI berlangsung sebagaimana mestinya dan menepis stigma tentang “tarif Internasional” yang berpandangan bahwa sekolah RSBI hanya diperuntukkan bagi keluarga yang kaya. Keberadaan SMP N 8 Padang sebagai RSBI nyatanya memberikan dampak positif bagi peningkatan prestasi sekolah, guru, dan peserta didik secara umum mulai dari tingkat Kota hingga Internasional.Meski dalam implementasinya terdapat berbagai kekurangan yaitu seperti kemampuan penguasaan bahasa Inggris oleh guru-guru dan siswa serta penguasaan teknologi sebagaimana yang ditonjolkan dalam sekolah RSBI sebagaimana mestinya. Namun, setelah kebijakan RSBI dihapuskan Sekolah ini menjadi Sekolah Rujukan dan berusaha tetap mempertahankan eskistensinya sebagai sekolah unggulan dengan prestasi-prestasinya dalam segala aspek. Kata Kunci : Sekolah, RSBI, Rujukan, Prestasi, Kebijakan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah |
Depositing User: | S1 Ilmu Sejarah |
Date Deposited: | 11 Feb 2022 06:51 |
Last Modified: | 11 Feb 2022 06:51 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99640 |
Actions (login required)
View Item |