HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU LANSIA TERHADAP PENCEGAHAN COVID-19 DI RW 02 KELURAHAN PASAR AMBACANG KOTA PADANG

SEPTRIA, ROSSA (2022) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU LANSIA TERHADAP PENCEGAHAN COVID-19 DI RW 02 KELURAHAN PASAR AMBACANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover Dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK ROSSA.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB 1 ROSSA.pdf - Published Version

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Penutup)
BAB PENUTUP ROSSA.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA ROSSA.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full taxt)
SKRIPSI ROSSA FIXX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Lanjut usia termasuk kedalam kelompok rentan dan beresiko tinggi terkena COVID-19, karena sistem kekebalan tubuh yang lemah memungkinkan lebih cepat terinfeksi virus COVID-19. Perilaku yang dihasilkan berasal dari pengetahuan, sikap, dan perilaku yang ada pada diri lansia, setelah dilakukan observasi lapangan terdapat banyak lansia tidak menggunakan masker dan masih tampak berkrumunan di beberapa tempat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan sikap dengan perilaku pencegahan COVID-19 pada lansia di RW 02 Kelurahan Pasar Ambacang Kota Padang. Desain penelitian menggunakan metode cross sectional study dengan jumlah sampel 73 responden lansia yang berusia 60-90 tahun menggunakan teknik purposive sampling. Pengolahan data dianalisis dengan metode Chi-Square. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pencegahan COVID-19 hampir seluruh lansia memiliki pengetahuan yang baik (95,9%), lebih dari separo memiliki sikap yang baik (53%), dan lebih dari separo lansia memiliki perilaku yang baik (56,3%). Terdapat hubungan antara pengetahuan dengan perilaku pencegahan COVID-19 (p-value 0,037), dan terdapat hubungan antara sikap dengan perilaku pencegahan COVID-19 (p-value 0,000). Diharapkan lansia selalu membawa dan menggunakan handsanitizer, selalu menggunakanmasker saat keluar rumah dan mengikuti program vaksin dari pemerintah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Gusti Sumarsih, S.Kp, M.Biomed
Uncontrolled Keywords: COVID-19, pengetahuan, perilaku, sikap
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 10 Feb 2022 04:44
Last Modified: 10 Feb 2022 04:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99325

Actions (login required)

View Item View Item