PENGARUH WAKTU EKSTRAKSI TERHADAP KARAKTERISTIK EKSTRAK KULIT KAYU MANGIUM (Acacia mangium) DAN APLIKASINYA PADA PEWARNAAN KAIN KATUN

Sonia, Merlin (2021) PENGARUH WAKTU EKSTRAKSI TERHADAP KARAKTERISTIK EKSTRAK KULIT KAYU MANGIUM (Acacia mangium) DAN APLIKASINYA PADA PEWARNAAN KAIN KATUN. Diploma thesis, Universitas Andalaa.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
BAB akhir.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (327kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir utuh.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu ekstraksi terhadap karakteristik ekstrak kulit kayu mangium dan aplikasinya pada pewarnaan tekstil katun. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan, A (ekstraksi 10 menit), B (ekstraksi 20 menit), C (ekstraksi 30 menit), D (ekstraksi 40 menit) dan E (ekstraksi 50 menit). Hasil peneltian menunjukan bahwa perbedaan waktu ekstraksi berpengaruh nyata terhadap rendemen, kadar air, kadar tanin dan warna ekstrak kulit kayu mangium. Waktu ekstraksi kulit kayu mangium selama 40 menit merupakan waktu optimum ekstraksi berdasarkan analisis rendemen,kadar tanin dan warna ekstrak. Anaalisis rendemen pada waktu ekstraksi selama 40 menit memperoleh hasil tertinggi sebesar 10,72% dan kadar tanin sebesar 15.67%. Kain katun yang telah diwarnai dengan ekstrak kulit kayu mangium mengalami perubahan warna dari kuning menjadi merah. Hasil uji perubahan warna kain katun yang telah diwarnai dengan ekstrak kulit kayu mangium menunjukan hasil tidak terlihat mengalami perubahan warna ketika direndam di dalam air dingin dan mengalami perubahan sangat kecil hingga kecil ketika direndam di dalam air panas dan detergen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Diana Silvy, S.TP, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kulit Kayu Mangium, Ekstrak, Waktu Ekstraksi, Katun
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 09 Feb 2022 04:54
Last Modified: 09 Feb 2022 04:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/99106

Actions (login required)

View Item View Item