REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM KUASA BUDAYA PATRIARKI PADA DRAMA KOREA BECAUSE THIS IS MY FIRST LIFE (PERSPEKTIF BINAR PATRIARKI HELENE CIXOUS)

Eka, Herlina (2021) REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM KUASA BUDAYA PATRIARKI PADA DRAMA KOREA BECAUSE THIS IS MY FIRST LIFE (PERSPEKTIF BINAR PATRIARKI HELENE CIXOUS). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
BAB 1.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (kesimpulan)
Bab VI KESIMPULAN.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB) | Preview
[img] Text (tesis fulltext)
Tesis Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini merupakan penelitian mengenai perempuan dalam kuasa patriarki yang direpresentasikan dalam drama Korea Because This Is My First Life ( 2017). Dalam dua dekade, drama Korea (selanjutnya disebut K-drama) menjadi populer di dunia global dan merupakan pilar utama merebaknya hallyu atau budaya populer Korea. K-drama tidak sekedar hiburan, namun terdapat pertarungan makna dominan di dalam narasi cerita diantaranya terkait budaya struktur patriarki yang turut mempengaruhi feminisme di Korea. Tujuan dari penelitian ini tak lain memberi gambaran perempuan dalam kuasa patriarki dan upaya perlawanan menghadapi diskriminasi serta membebaskan diri dari oposisi biner patriarki. Data yang digunakan sebanyak 8 episode dari 16 episode yang dianalisis dengan menggunakan perspektif Helene Cixous melalui pendekatan kajian budaya. Berdasarkan metode penelitian kualitatif dan analisis data, diketahui bahwa K-drama ini berhasil merepresentasikan realitas masalah umum yang dihadapi oleh perempuan Korea abad 21 dalam menghadapi praktik patriarki. Adanya nilai pos feminisme yang terdapat di dalam K-drama dapat disimpulkan bahwa perempuan tidak selamanya menjadi objek dari kuasa laki-laki, namun juga mampu menjadi subjek yang bebas dalam memaknai diri mereka sebagai individu bukan dilihat dari gender mereka yaitu perempuan. Peneliti beragumentasi K-drama ini mempresentasikan adanya perubahan peranan dan pandangan perempuan terhadap nilai patriarki tradisional di Korea dan nilai-nilai patriarki biner tidak sepenuhnya cocok berdasarkan oposisi patriarki Helene Cixous.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Diah Tyahaya Iman, M.Litt.,Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Representasi, Patriarki, Diskriminasi, Pos Feminisme, Kajian Budaya
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Kajian Budaya
Date Deposited: 08 Feb 2022 03:15
Last Modified: 08 Feb 2022 03:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98894

Actions (login required)

View Item View Item