Ketertinggalan Budaya (Cultural Lag) Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid 19 Studi Terhadap Keluarga Nelayan Miskin Di Kota Padang

WIDHY, VANIA MALINDA (2021) Ketertinggalan Budaya (Cultural Lag) Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid 19 Studi Terhadap Keluarga Nelayan Miskin Di Kota Padang. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh situasi pandemi Covid-19 yang saat ini sudah mewabah secara global sehingga memberikan dampak pada berbagai sektor kehidupan di masyarakat tidak terkecuali sektor pendidikan yang mana membuat bentuk pembelajaran berubah. Saat ini proses belajar mengajar dialihkan menjadi sistem pembelajaran online/ daring (dalam jaringan). Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan proses dan masalah pembelajaran daring di kalangan kelompok nelayan miskin di Kota Padang, 2) mendeskripsikan ketertinggalan budaya pembelajaran daring pada kelompok nelayan miskin di Kota Padang. Untuk memahami penelitian ini, peneliti menggunakan teori William F. Ogburn tentang Cultural Lag. Metode penelitian ini adalah mix methods. Pengumpulan data dilakukan dengan menggabungkan penelitian kuantitatif dan kualitatif secara berkala. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kemudian dilanjutkan dengan wawancara mendalam. Unit analisis untuk memfokuskan kajian dalam penelitian ini adalah nelayan miskin di Kota Padang. Peneliti melihat bagaimana ketertinggalan budaya pembelajaran daring di kalangan masyarakat nelayan miskin di Kota Padang. Hasil penelitian mengungkapkan pembelajaran yang dilaksanakan secara daring ini memiliki keterbatasan baik dari segi ekonomi dan infrastruktur pembelajaran di kelompok nelayan miskin. Di sisi ekonomi, nelayan merasa kesulitan ketika harus memenuhi kebutuhan pembelajaran online dengan menyediakan kuota internet yang cukup mahal. Sementara itu infrastruktur pembelajaran terbatas yang mana pada umumnya nelayan tidak memiliki smartphone sehingga kesulitan mengakses pembelajaran online. Ketidaktiadaan smartphone bagi siswa dan ketidakpahaman dalam menggunakan platform pembelajaran baik bagi guru, siswa dan orang tua menjadi bukti nyata penerapan pembelajaran daring belum maksimal sehingga berdampak pada proses pembelajaran terlebih bagi siswa sekolah dasar yang membutuhkan arahan dan dampingan langsung dari guru. Keterbatasan pengetahuan terhadap teknologi dan platform pembelajaran yang digunakan membuat siswa, guru dan orang tua mengalami kondisi ketertinggalan kebudayaan (cultural lag) dalam pembelajaran daring. Ketertinggalan kebudayaan melibatkan dua unsur mengalami mengalami perubahan tidak bersamaan. Kebudayaan materiil lebih cepat mengalami perubahan dalam hal ini teknologi dan platform pembelajaran daring berinovasi menyesuaikan kebutuhan pembelajaran. Di sisi lain, kebudayaan non-materiil yang terdiri dari nilai, norma dan aturan yang belum dapat diterapkan secara maksimal membuat siswa, guru dan orang tua belum mampu melakukan penyesuaian dan beradaptasi dengan sistem pembelajaran saat ini. Kata Kunci : Ketertinggalan Budaya, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19, Nelayan Miskin

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Alfan Miko, M.Si
Uncontrolled Keywords: Ketertinggalan Budaya, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19, Nelayan Miskin
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 07 Feb 2022 06:37
Last Modified: 07 Feb 2022 06:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98861

Actions (login required)

View Item View Item