HUBUNGAN MEROKOK DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN KEJADIAN AKNE VULGARIS PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS

Siti, Rahmawati (2022) HUBUNGAN MEROKOK DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN KEJADIAN AKNE VULGARIS PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS ANDALAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview
[img] Text (skripsi fulltext)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Akne Vulgaris merupakan peradangan kronis pada folikel pilosebasea dan penyebabnya multifaktorial. Merokok menyebabkan perubahan pada mikrosirkulasi kulit, keratinosit, fibroblas maupun pembuluh darah. Aktivitas fisik bisa menyebabkan akne vulgaris karena terjadi peningkatan sekresi keringat diikuti dengan hipersekresi sebum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan merokok dan aktivitas fisik dengan kejadian akne vulgaris. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional yang dilakukan pada bulan Desember 2021 di Fakultas Kedokteran Unand dan Klinik Griya Satya. Populasi penelitian mahasiswa laki-laki Fakultas Kedokteran Unand angkatan 2018. Dengan metode total sampling didapatkan 61 responden dengan rentang usia 19-22 tahun. Data yang didapatkan adalah data primer dari kuesioner dan diagnosis ditegakkan dari ekstraksi komedo. Analisis menggunakan uji chi-square untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil uji statistik dengan menggunakan uji chi-Square tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan merokok dengan kejadian akne vulgaris (p = 0,335), tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan aktivitas fisik dengan kejadian akne vulgaris (p value = 0,851), tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan merokok dan aktivitas fisik dengan kejadian akne vulgaris (p value = 0,335). Kesimpulan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas sebagian besar memiliki kebiasaan merokok ringan dan sebagian besar memiliki aktivitas fisik sedang-berat. Serta tidak terdapat hubungan merokok dan aktivitas fisik dengan kejadian akne vulgaris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr.dr. Satya Wydya Yenny, Sp.KK(K), FINSDV, FAADV
Uncontrolled Keywords: Akne vulgaris, Aktivitas fisik, Merokok
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 04 Feb 2022 08:36
Last Modified: 17 May 2022 03:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98549

Actions (login required)

View Item View Item