FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN STUNTING PADA BALITA USIA 24-60 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LANGSEK KADOK KABUPATEN PASAMAN

Dyah, Maya Nauli (2021) FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN STUNTING PADA BALITA USIA 24-60 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LANGSEK KADOK KABUPATEN PASAMAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII Penutup)
BAB VII Penutup.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Latar Belakang dan Tujuan Penelitian Stunting merupakan kejadian malnutrisi kronis yang disebabkan oleh kekurangan nutrisi tubuh dalam jangka waktu yang cukup lama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian stunting pada balita usia 24-60 bulan di wilayah kerja Puskesmas Langsek Kadok Kabupaten Pasaman Metode Jenis penelitian adalah case control, dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Langsek Kadok Kabupaten Pasaman pada bulan Januari-Juni 2021. Sampel penelitian ini sebanyak 83 balita Stunting sebagai kelompok kasus dan 83 balita normal sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel dengan teknik Random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil Hasil penelitian menggunakan analisis uji pearson chi-square menunjukkan presentasi balita Stunting berusia 24-60 bulan, lebih banyak ditemukan pada balita yang tidak mendapatkan ASI secara Eksklusif 67,5% (p=0,000), paritas > 4 kali 75,8% (p=0,000), KEK pada ibu ketika hamil 70,4% (p = 0,000), infeksi 54,7% (p=0,274). Kesimpulan Terdapat hubungan antara pemberian ASI Eksklusif, paritas dan riwayat kejadian KEK kemudian tidak ada hubungan riwayat infeksi ibu terhadap kejadian Stunting pada balita Usia 24-60 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Langsek Kadok Pasaman Oleh karena itu perlu adanya sosialisasi atau pemberian informasi terkait faktor faktor penyebab kejadian Stunting pada balita.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr. Arni Amir,MS.
Uncontrolled Keywords: Stunting, ASI Eksklusif, Paritas, Riwayat KEK dan Infeksi
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 28 Jan 2022 03:43
Last Modified: 28 Jan 2022 03:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98165

Actions (login required)

View Item View Item