Hubungan Usia Menarche dan Kebiasaan Makan Makanan Cepat Saji dengan Kejadian Dismenore Primer pada Mahasiswi Program Studi S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas

Pratiwi, Rahma Maghfira (2022) Hubungan Usia Menarche dan Kebiasaan Makan Makanan Cepat Saji dengan Kejadian Dismenore Primer pada Mahasiswi Program Studi S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover Abstrak)
Cover Abstrak.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img] Text (Fulltext Skripsi)
fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dismenore primer merupakan masalah ginekologis yang paling umum dialami wanita dan dapat menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari. Faktor yang mempengaruhi terjadinya dismenore primer diantaranya adalah usia menarche dan kebiasaan makan makanan cepat saji. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan usia menarche dan kebiasaan makan makanan cepat saji dengan kejadian dismenore primer pada mahasiswi Program Studi S1 Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Metode Penelitian kuantitatif dan pengambilan data primer pada November 2021. Sampel penelitian ini mahasiswi Program Studi S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universtas Andalas angkatan 2020, 2019 dan 2018 sebanyak 116 dengan metode total sampling. Data diperoleh dari kuesioner dengan analisis chi-square (p<0,05). Hasil penelitian 74,1 % responden mengalami dismenore primer, 9,5% responden memiliki usia menarche yang cepat dan 52,6% responden dengan kebiasaan makan makanan cepat saji yang sering. Dismenore primer mayoritas terjadi pada responden yang usia menarchenya tergolong normal yaitu 77,9% dan tergolong sering mengonsumsi makanan cepat saji yaitu sebesar 91,8%. Terdapat hubungan antara usia menarche (p=0,034) dan kebiasaan makan makanan cepat saji (p=0,000) dengan kejadian dismenore primer. Terdapat hubungan antara usia menarche dan kebiasaan makan makanan cepat saji dengan dengan kejadian dismenore primer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fitrayeni, SKM., M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Dismenore primer,usia menarche, kebiasaan makan makanan cepat saji
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 28 Jan 2022 04:30
Last Modified: 28 Jan 2022 04:30
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98158

Actions (login required)

View Item View Item