HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PARITAS AKSEPTOR KB DENGAN MINAT PENGGUNAAN KONTRASEPSI MOW DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS AIR MOLEK KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Hervina, Winerti (2022) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PARITAS AKSEPTOR KB DENGAN MINAT PENGGUNAAN KONTRASEPSI MOW DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS AIR MOLEK KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (912kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB 7 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (818kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI HERVINA WINERTI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Metode Operasi Wanita merupakan kontrasepsi yang aman dan efektif untuk mencegah terjadinya kehamilan. Namun penggunaan kontrasepsi MOW pada tahun 2019 di Kabupaten Indragiri Hulu mengalami penurunan yakni pada peringkat 5 terendah dari 12 kabupaten/kota di provinsi Riau sebesar 0,7% dari seluruh akseptor KB aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan paritas akseptor KB dengan minat penggunaan kontrasepi MOW diwilayah kerja Puskesmas Air Molek Kabupaten Indragiri Hulu.Penelitian kuantitatif desain cross sectional study, dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Air Molek Kabupaten Indragiri Hulu dari bulan Februari sampai Oktober 2021. Sampel dalam penelitian ini adalah akseptor KB aktif di wilayah kerja Puskesmas Air Molek Kabupaten Indragiri Hulu sebanyak 92 responden. Sampel diambil dengan teknik systematic random sampling. Analisis data secara univariat dan bivariat dengan menggunakan analisis chi-square (p≤0,05).Hasil penelitian menunjukkan 33 orang (35,9%) memiliki minat tinggi, 30 orang (32,6%) memiliki minat sedang dan 29 orang (31,5%) memiliki minat rendah. Hasil uji bivariat menunjukkan adanya hubungan pengetahuan akseptor KB (p=0,036) dan paritas akseptor KB (p=0,001).Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan paritas akseptor KB dengan minat penggunaan kontrasepsi MOW.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Rauza Sukma Rita, PhD.
Uncontrolled Keywords: KB, Kontrasepsi MOW, Pengetahuan, Paritas, Minat
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: s1 kebidanan kebidanan
Date Deposited: 27 Jan 2022 07:08
Last Modified: 27 Jan 2022 07:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/98093

Actions (login required)

View Item View Item