THE EFFECTS OF ORTHOGRAPHY ON THE STUDENTS' SPEECH PERCEPTION AND PRODUCTION AT ENGLISH DEPARTMENT OF ANDALAS UNIVERSITY: THE YEAR OF 2016

Lusita, Insani Ali (2021) THE EFFECTS OF ORTHOGRAPHY ON THE STUDENTS' SPEECH PERCEPTION AND PRODUCTION AT ENGLISH DEPARTMENT OF ANDALAS UNIVERSITY: THE YEAR OF 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover and Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV)
BAB IV (Akhir).pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
LusitaIA1610733018Thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam skripsi ini dibahas pengaruh ortografi terhadap persepsi dan produksi bunyi serta penyebabnya yang dihasilkan oleh 15 orang mahasiswa jurusan Sastra Inggris angkatan 2016, di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Andalas. Pengumpulan data dilakukan dengan membuat rekaman suara dari 15 mahasiswa yang dibagi dalam tiga strata, mereka diminta untuk membaca kalimat yang memiliki bunyi frikatif dan merekamnya menjadi satu rekaman suara. Teori yang digunakan dalam skripsi ini untuk membahas pengaruh dari ortografi Bahasa Inggris: O’Grady et al (1991) five types of English Orthography Problem, Eckman (1977) Markedness differential hypothesis theory, dan (Selinker’s 1972) Interlanguage phonology. Hasil analisis disajikan secara deskriptif dan menggunakan tabel. Dari penelitian ini ditemukan dua pengaruh ortografi terhadap persepsi dan produksi bunyi yang dihasilkan mahasiswa yaitu bunyi yang akurat dan bunyi yang tidak akurat. Penelitian ini menemukan permasalahan ortografi Bahasa Inggris pada satu bunyi yang dihasilkan dari dua atau beberapa huruf menghasilkan paling banyak bunyi yang tidak akurat pada tingkat kemunculan 67%. Beberapa alasan yang menyababkan ortografi dapat mempengaruhi persepsi dan produksi bunyi karena inkonsistensi dari ortografi Bahasa Inggris. Serta perbedaan ortografi antara Bahasa ibu terhadap Bahasa kedua pada proses pemindahan bunyi yang dimarkahi dan tidak dimarkahi oleh pengaruh positive dan negative transfer menghasilkan persepsi dan produksi bunyi yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Zulfakhri Dt. Majo Datuk, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Orthography, Speech Perception, Speech Production, Markedness Theory, Interlanguage Phonology
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: s1 sastra inggris
Date Deposited: 26 Jan 2022 08:26
Last Modified: 26 Jan 2022 08:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97956

Actions (login required)

View Item View Item