ANALISIS PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU TERHADAP PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PEKERJA PENGANGKUTAN SAMPAH KOTA PADANG

Debby, Dwi Chintya (2021) ANALISIS PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU TERHADAP PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA PEKERJA PENGANGKUTAN SAMPAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview
[img] Text (Skripsi fulltext)
Skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pekerja pengangkutan sampah yang menggunakan dump truck di Kota Padang rentan terhadap kecelakaan kerja yang disebabkan karena kurangnya pengetahuan, sikap dan pemakaian Alat Pelindung Diri (APD). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran dan hubungan pengetahuan, sikap dan perilaku serta memberikan rekomendasi terhadap pemakaian APD pada pekerja pengangkutan sampah di Kota Padang. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data dan menggunakan kuesioner selama 30 hari kerja pada 46 responden dari 84 orang pekerja pengangkutan sampah di Kota Padang. Penelitian ini berupa penelitian analitik yang bersifat kuantitatif dengan desain cross sectional. Berdasarkan hasil distribusi frekuensi diperoleh 60,9% pekerja pengangkutan sampah memiliki pengetahuan kurang baik tentang APD, 71,7% sikap positif terhadap pemakaian APD saat bekerja dan 86,7% memiliki perilaku yang buruk terhadap pemakaian APD saat bekerja. Hasil uji Chi-square menunjukkan bahwa terdapat hubungan pengetahuan dengan penggunaan alat pelindung diri (P<0,05). Sebaliknya sikap dan karakteristik responden meliputi usia, masa kerja, pendidikan tidak menunjukkan hubungan dengan perilaku pekerja dalam menggunakan APD (P>0,05). Pengendalian risiko yang dapat direkomendasikan yaitu, memberikan sosialisasi dan pelatihan untuk menambah pengetahuan, memberikan sanksi bagi yang melanggar SOP kerja, memberikan informasi terkait SOP, rambu peringatan di titik TPS di jalan protokol untuk menggunakan APD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: TIVANY EDWIN, S.T., M.Eng
Uncontrolled Keywords: Pekerja Pengangkutan Sampah, Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Alat Pelindung Diri (APD)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 21 Jan 2022 08:04
Last Modified: 21 Jan 2022 08:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97529

Actions (login required)

View Item View Item