PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) PADA BANK BNI SEBAGAI USAHA MILIK NEGARA (STUDI PADA PT BNI 46 KANTOR WILAYAH KOTA PADANG)

M, Rozi Darisman (2021) PELAKSANAAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) PADA BANK BNI SEBAGAI USAHA MILIK NEGARA (STUDI PADA PT BNI 46 KANTOR WILAYAH KOTA PADANG). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pada pasal 74 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas menjelaskan bahwa perusahaan yang bergerak dibidang sumber daya alam atau bergerak disumber daya alam wajib melaksanakan tanggung jawab social/Corporate Social Responsibility. Dikarenakan Bank BNI bukan perseoran yang bergerak pada sumber daya alam bukan berarti Bank BNI tidak melaksanakan Corporate Social Responsibility. Pada Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2012 Tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan menjelaskan bahwa setiap perseroan selaku subjek hukum wajib untuk melaksanakan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility. Jadi Bank BNI yang merupakan perseroan yang berbadan hukum dan merupakan subjek hukum walaupun bergerak dibidang perbankan tetapi menjalankan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility.Masalah yang akan penyaji kaji ialah sumber pembiayaan dari Corporate Social Responsibility oleh Bank BNI Kantor Wilayah Kantor Wilayah Kota Padang, bentuk pelaksanaan Corporate Social Responsibility yang dilakukan Bank BNI kantor Wilayah Kota Padang dan kendala yang dihadapi dalam menjalankan Corporate Social Responsibility. Metode penelitian yang penulis gunakan ialah yuridis empiris yang mana penulis melakukan wawancara dengan pihak Bank BNI Kantor Wilayah Kota Padang dan juga sifat penelitian yang penulis ambil ialah kuantitatif. Mengenai hasil penelitian Bank BNI telah berkomitmen dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility dan menjalankannya setiap tahunnya sesuai dengan peraturan yang berlaku, mengenai sumber pembiayaan dari dana Corporate Social Responsibility yakni ialah maksimal 5% dari laba satu tahun kalender tahun lalu yang dialokasikan untuk pendanaan Corporate Social Responsibility. Sedangkan kendala yang dihadapi seperti sumber pembiayaan Corporate Social Responsibility yang mana pada tahun kemarin terjadi pengurangan laba karena pendemi corona yang berdampak pada tahun berikutnya. Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Pelaksanaan, Sumber Pembiayaan, Bank Negara Indonesia, Kendala Pelaksanaan Corporate Social Responsibility

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Neneg Oktarina, S.H., M.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:09
Last Modified: 25 Jan 2022 07:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97488

Actions (login required)

View Item View Item