Hubungan Indeks Massa Tubuh dengan Hipertensi pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Padang Kandis Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatra Barat

Nailah, Gusri (2021) Hubungan Indeks Massa Tubuh dengan Hipertensi pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Padang Kandis Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatra Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup .pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[img] Text (Skripsi fulltext)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan..pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview

Abstract

Lanjut usia merupakan usia yang dianggap paling banyak menderita hipertensi. Salah satu hal yang mempengaruhi hipertensi pada lansia adalah indeks massa tubuh (IMT). Di Wilayah kerja Puskesmas Padang Kandis, Kecamatan Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat merupakan salah satu puskesmas yang aktifitas lansia sangat aktif, sementara belum pernah dilakukan penelitian mengenai hubungan indeks massa tubuh dengan hipertensi di puskesmas tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan indeks massa tubuh dengan hipertensi pada lansia di wilayah kerja Puskesmas Padang Kandis Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatra Barat. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain potong lintang. Sebanyak 50 subjek yang memenuhi kriteria inklusi mengikuti penelitian ini. Peralatan yang digunakan diantaranya: tensi darah, timbangan berat badan, dan alat ukur tinggi badan. Analisis data menggunakan uji chi square. Korelasi dinyatakan bermakna jika p<0,05. Hasil penelitian didapatkan pengukuran indeks massa tubuh terbanyak adalah obesitas yaitu 11 (68.8%), hasil pengukuran hipertensi terbanyak adalah tidak hipertensi yaitu 26 (52.0%), terdapat korelasi yang bermaka antara indeks massa tubuh dengan hipertensi dengan nilai p=0,038. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan indeks massa tubuh dengan hipertensi pada lansia di wilayah kerja Puskesmas Padang Kandis Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatra Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr.Fika Tri Anggraini, M.Sc, P.Hd
Uncontrolled Keywords: Lansia, Hipertensi, Indeks Massa Tubuh
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 18 Jan 2022 07:05
Last Modified: 18 Jan 2022 07:05
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97282

Actions (login required)

View Item View Item