EFEK PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL RIMPANG KUNYIT LIAR ENDEMIK SUMATERA (Curcuma sumatrana, Zingiberaceae) TERHADAP TINGKAT KECERDASAN, STRUKTUR HISTOLOGI OTAK DAN KONSENTRASI MALONDIALDEHID MENCIT YANG DIINDUKSI MONOSODIUM GLUTAMAT

Jihan, Aprilia Nawawi (2021) EFEK PEMBERIAN EKSTRAK ETANOL RIMPANG KUNYIT LIAR ENDEMIK SUMATERA (Curcuma sumatrana, Zingiberaceae) TERHADAP TINGKAT KECERDASAN, STRUKTUR HISTOLOGI OTAK DAN KONSENTRASI MALONDIALDEHID MENCIT YANG DIINDUKSI MONOSODIUM GLUTAMAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB V (Penutup).pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Induksi MSG dalam dosis tinggi dan paparan waktu yang lama mampu menyebabkan neurodegenerasi yang mengakibatkan penurunan kecerdasan dan peningkatan konsentrasi malondialdehid. Neurodegenerasi yang dipicu oleh radikal bebas dapat dicegah dengan pemberian rimpang kunyit. Namun sejauh ini kajian protektif rimpang kunyit hanya berfokus pada tanaman budidaya, padahal di alam masih banyak kunyit-kunyitan liar yang belum tereksplorasi, salah satunya Curcuma sumatrana Miq. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui senyawa bioaktif yang terkandung dalam ekstrak rimpang Curcuma sumatrana dan membuktikan bahwa pemberian ekstrak C. sumatrana mampu mempertahankan kecerdasan kognitif (memori, spasial dan keingintahuan), mencegah penipisan lapisan korteks serebral, mencegah degenerasi sel nuklei hipokampus dan menekan akumulasi malondialdehid yang diinduksi MSG. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari 5 perlakuan yaitu Kontrol Negatif (tidak diberi MSG dan ekstrak), Kontrol Positif (diberi MSG 2,5 g/kgBB), dan kelompok mencit yang diberikan MSG 2,5 g/kgBB dan Ekstrak C. sumatrana 75, 150 dan 300 mg/kgBB selama 28 hari secara oral. Hasil analisis fitokimia pada rimpang C. sumatrana terdapat beberapa senyawa seperti Valerenal, Cycloisolongifolene, 8,9-dehydro-9-formyl-, Curzerene, Spathulenol dan Artemisinin. Pemberian ekstrak rimpang C. sumatrana mampu mempertahankan kecerdasan kognitif (memori, spasial dan keingintahuan), mencegah degenerasi sel nuklei hipokampus serta menekan akumulasi malondialdehid secara signifikan pada mencit yang diinduksi MSG. Temuan ini menunjukkan bahwa ekstrak C. sumatrana memiliki khasiat dalam melindungi struktur dan fungsi sistem saraf dari kerusakan yang disebabkan oleh MSG.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Resti Rahayu
Uncontrolled Keywords: Curcuma sumatrana, Kecerdasan Kognitif, Malondialdehid, Korteks Serebral, Hipokampus
Subjects: Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 14 Jan 2022 05:06
Last Modified: 14 Jan 2022 05:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97169

Actions (login required)

View Item View Item