PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN KULIT UMBI DAN DAUN UBI KAYU YANG DI FERMENTASI DENGAN R.oligosporus DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA KARKAS BROILER

Indah, Rahmadani (2021) PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN KULIT UMBI DAN DAUN UBI KAYU YANG DI FERMENTASI DENGAN R.oligosporus DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMA KARKAS BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak dan Cover)
Abstrak dan Cover.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir (Penutup))
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka (2).pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase optimal penggunaan campuran Kulit Umbi dan Daun Ubi Kayu (KUDUK) yang difermentasi dengan R.oligosporus terhadap performa karkas broiler. Penelitian ini menggunakan 100 ekor DOC strain Lohnmann galur MB-202 Platinum dari PT. Japfa Comfeed Indonesia. Kandang yang digunakan sebanyak 20 unit kandang box, masing-masing unit berukuran 80 x 80 x 60 cm, berisi 5 ekor ayam dan dilengkapi tempat pakan dan minum. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan yang terdiri dari R1 (0% KUDUKF), R2 (7,95% KUDUKF), R3 (15,9% KUDUKF), R4 (23,85% KUDUKF) dan R5 (31,8% KUDUKF). Parameter yang diukur adalah bobot hidup, persentase karkas dan persentase lemak abdomen. Hasil analisis keragaman menunjukan bahwa ransum perlakuan R1, R2, R3, R4 dan R5 memberikan pengaruh berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap bobot hidup, tetapi berbeda tidak nyata (P>0,05) terhadap persentase karkas dan persentase lemak abdomen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian KUDUKF dapat digunakan sampai 23,85% dalam ransum broiler atau bisa menggantikan penggunaan jagung dalam ransum sebanyak 45%. Pada kondisi ini diperoleh bobot hidup 2451 g/ekor, rataan persentase karkas 78,50% dan rataan persentase lemak abdomen 0,92%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Hj. Mirnawati, MS
Uncontrolled Keywords: KUDUK, Fermentasi, R. oligosporus, Karkas dan Broiler
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 teknik industri teknik industri
Date Deposited: 14 Jan 2022 07:58
Last Modified: 14 Jan 2022 07:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/97129

Actions (login required)

View Item View Item