Hubungan Hipertensi Dengan Gangguan Fungsi Kognitif Pada Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Padang Kandis Kabupaten Lima Puluh Kota

Gusti, Anisa (2021) Hubungan Hipertensi Dengan Gangguan Fungsi Kognitif Pada Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Padang Kandis Kabupaten Lima Puluh Kota. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
Penutup.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu indikator keberhasilan pembangunan kesehatan di Indonesia adalah meningkatnya Angka Harapan Hidup (AHH). Hal ini mengakibatkan peningkatan jumlah penduduk lanjut usia (lansia). Lansia akan mengalami proses menua yaitu berkurangnya cadangan fisiologis tubuh dan meningkatnya kerentanan penyakit. Salah satunya yaitu hipertensi. Selain itu, penuaan juga mempengaruhi fungsi kognitif. Hipertensi dan hiperkolesterolemia merupakan faktor risiko utama penyebab gangguan fungsi kognitif. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan desain potong lintang (cross sectional). Subjek penelitian ini ialah lansia yang tinggal di wilayah kerja Puskesmas Padang Kandis yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah sphygmomanometer digital, stetoskop dan kuesioner Montreal Cognitive Assessment versi Indonesia (MoCA-Ina). Analisis data ini menggunakan SPSS dengan uji chi-square. Hasil penelitian diperoleh terdapat 31 lansia yang menderita hipertensi(59,6%) dan 18 lansia yang mengalami gangguan fungsi kognitif(34,6%). Dari 31 lansia yang menderita hipertensi terdapat 12 lansia yang mengalami gangguan fungsi kognitif(57,1%) dan 9 lansia memiliki fungsi kognitif normal(42,3%). Hasil uji statistik menunjukkan p-value = 0,005 (<0,05) dan nilai Odds Ratio (OR) = 5,556 (OR >1). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang bermakna antara hipertensi dengan gangguan fungsi kognitif pada lansia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Roza Mulyana, Sp.PD-KGer, FINASIM
Uncontrolled Keywords: Lansia, hipertensi, gangguan fungsi kognitif
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 14 Jan 2022 07:17
Last Modified: 14 Jan 2022 07:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96849

Actions (login required)

View Item View Item