GAMBARAN PROFIL LIPID PASIEN SINDROM KORONER AKUT YANG DIRAWAT DICARDIOVASCULAR CARE UNIT (CVCU) RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2019

Angelly, Wulan Suci (2021) GAMBARAN PROFIL LIPID PASIEN SINDROM KORONER AKUT YANG DIRAWAT DICARDIOVASCULAR CARE UNIT (CVCU) RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2019. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sindrom Koroner Akut (SKA) terjadi ketika otot jantung mengalami kerusakan karena kehilangan pasokan darah secara tiba-tiba. Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya SKA adalah dislipidemia, yaitu kelainan pada fraksi lipid (kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida, serta kolesterol HDL) pada darah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran profil lipid pasien sindrom koroner akut yang dirawat di Cardiovascular Care Unit (CVCU) RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif observasional dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari rekam medik pada bulan Juli 2021-Agustus 2021. Sampel mencakup semua pasien SKA di CVCU RSUP Dr. M. Djamil Padang yang memenuhi kriteria inklusi, didapatkan sebanyak 243 orang pasien. Data dianalisis menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas pasien adalah kelompok usia 56-65 tahun (36,6%), berjenis kelamin laki-laki (74,5%), tidak memiliki riwayat jantung dalam keluarga (92,6%), memiliki riwayat pendidikan terakhir yang tinggi (76,1%), tidak bekerja (37%), dan faktor risiko terbanyak adalah dislipidemia (66,7%). Sebagian besar pasien SKA memiliki kadar trigliserida yang normal (52,7%), kadar kolesterol total yang normal (57,2%), kadar kolesterol LDL yang normal (34,2%), dan kadar kolesterol HDL yang rendah (56%). Kesimpulan penelitian ini adalah sebagian besar profil lipid pasien sindrom koroner akut adalah normal, kecuali kadar kolesterol HDL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Masrul, Prof, Dr, dr, Msc, SpGK
Uncontrolled Keywords: Sindrom Koroner Akut, Profil Lipid
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:39
Last Modified: 07 Jan 2022 03:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96734

Actions (login required)

View Item View Item