Pengaruh regulasi diri terhadap prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Andalas

Dessy, Nur Indah Putri (2021) Pengaruh regulasi diri terhadap prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir (Penutup, Kesimpulan))
BAB akhir (Penutup, Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi sering kali menjadikan skripsi sebagai ajang penunda-nundaan atau prokrastinasi akademik. Salah satu faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik adalah faktor internal prokrastinasi akademik, yaitu regulasi diri. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji apakah ada atau tidaknya pengaruh regulasi diri terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Andalas. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif yaitu korelasi kausal. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan jumlah sampel sebanyak 73 orang. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik nonprobability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur yaitu Self-Regulation Questionnaire (SRQ) dan Procrastination Assesmen Scale Student (PASS). Masing-masing skala memiliki reliabilitas sebesar 0,91 pada skala SRD dan reliabilitas sebesar 0,80 pada skala PASS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa regulasi diri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prokrastinasi akademik yang dapat terlihat dari nilai signifikansi sebesar 0.001 ( P< .05) dan nilai koefisien R-square (R2) sebesar 0.145. Hal ini menunjukkan bahwa regulasi dirimemberikan konstribusi sebesar 14,5% terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi, sedangkan sisanya 85,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Hal tersebut dapat diartikan bahwa pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi diharapkan memiliki regulasi diri yang baik agar tidak terjadinya perilaku prokrastinasi akademik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Yantri Maputra, PhD
Uncontrolled Keywords: Regulasi Diri, Prokrastinasi Akademik, Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 06 Jan 2022 03:53
Last Modified: 06 Jan 2022 03:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96683

Actions (login required)

View Item View Item