HUBUNGAN INTERDIALYTIC WEIGHT GAIN DENGAN PERUBAHAN TEKANAN DARAH INTRADIALISIS PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK HEMODIALISIS DI RUMAH SAKIT TK. III DR REKSODIWIRYO PADANG

Nabila, Syifa Aqdira (2021) HUBUNGAN INTERDIALYTIC WEIGHT GAIN DENGAN PERUBAHAN TEKANAN DARAH INTRADIALISIS PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK HEMODIALISIS DI RUMAH SAKIT TK. III DR REKSODIWIRYO PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 7 Penutup)
BAB 7 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Hemodialisis dapat menimbulkan berbagai komplikasi salah satunya komplikasi gangguan hemodinamik seperti hipertensi intradialis maupun hipotensi intradialisis. Interdialytic Weight Gain (IDWG) merupakan penyebab tersering terjadinya perubahan tekanan darah pada pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara Interdialytic Weight Gain (IDWG) dengan perubahan tekanan darah intradialisis pada pasien penyakit ginjal kronik hemodialisis di Rumah Sakit Tk.III Dr. Reksodiwiryo Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan total sample pada 34 pasien penyakit ginjal kronik stadium v yang menjalani terapi hemodialisis di Rumah Sakit Tk.III Dr. Reksodiwiryo Padang pada bulan Juli-Desember 2020. Dari hasil penelitian didapatkan pasien PGK hemodialisis paling banyak berjenis kelamin perempuan (55,9%), dengan kelompok usia 50-59 tahun (41,2%), dengan tingkat pendidikan SMA (82,4%), dan mayoritas tidak bekerja (91,0%). Analisis statistik dengan menggunakan uji korelasi Spearman-Rank. Hasil penelitian didapatkan dari 34 sampel sebagian besar dalam kategori IDWG berat (52,9%) dan lebih dari setengahnya mengalami perubahan tekanan darah dalam batas normal (52,9%). Hasil uji statistik menunjukan p value 0,031 (<0,05) dan kekuatan korelasi r=0,370. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara interdialytic weight gain (IDWG) dengan perubahan tekanan darah intradialisis dengan kekuatan hubungan korelasi sedang antara kedua variabel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Rudy Afriant, Sp.PD-KHOM, FINASIM
Uncontrolled Keywords: hemodialisis, interdialytic weight gain, perubahan tekanan darah
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RC Internal medicine
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 30 Dec 2021 03:50
Last Modified: 30 Dec 2021 03:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96619

Actions (login required)

View Item View Item