Yahya, Waehayee (2021) COOPERATIVE DEVELOPMENT STRATEGY DENGAN ANALISIS SWOT PADA THE ISLAMIC COOPERATIVE OF PATTANI LIMITEDDI CABANG PUSAT (THAILAND SELATAN). Masters thesis, Universita Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (358kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1 (Pendahuluan))
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version Download (473kB) | Preview |
|
|
Text (Bab Akhir (Penutup dan Kesimpulan))
Bab Akhir (Penutup dan Kesimpulan).pdf - Published Version Download (148kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (425kB) | Preview |
|
Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
COOPERATIVE DEVELOPMENT STRATEGY DENGAN ANALISIS SWOT PADA THE ISLAMIC COOPERATIVE OF PATTANI LIMITED DI CABANG PUSAT(THAILAND SELATAN) Yahya Waehayee Pembimbing: Dr. M. Fany Alfarisi, SE, MS. Fin ABSTRAK Penelitian ini termasuk Dalam bidang manajemen strategi perusahaan. Tujuannya adalah untuk: 1) dampak yang terjadi pada kondisi pandemi Covid-19 ini terhadap faktor Internal maupun Eksternal; 2) mengetahui strategi pengembangan jangka pendek dan jangka panjang dalam meningkatkan kualitas koperasi yang optimal; dan 3) mengatahui alternative yang dapat dilakukan dalam pengembangan koperasi melalui analisis SWOT pada The Islamic Cooperative of Pattani Limited. Model analisis SWOT merupakan metode yang menjelaskan bermacam faktor secara sistematis untuk merumuskna strategi perusahaan. Data Penelitian ini diperoleh dari data primer dan skunder dari pihak pimpinan dan pengawai Koperasi Islam Patani Berhad. Sedangkan pengolahan data menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan sebuah kuesioner kepada pengawai dan wawancara online bagi pimpinan untuk memperoleh gambaran lingkungan internal dan eksternal Koperasi. Untuk strategi pengembangan Koperasi dapat dilihat pada hasil wawancara dan SWOT matrix. Hasil dalam Penelitian ini menunjukkan bahwa dampak yang terjadi di lingkungan internal dan eksternal adalah pandemi Covid-19 dan peraturan pemerintah serta teknologi informasi dalam pengembangan Koperasi. Secara keseluruhan posisi pengembangan Koperasi berada pada koordinat IFAS 0,46 dan EFAS 0,19. Koordinat tersebut terletak pada kuadran I berarti perusahaan ada pada posisi strategis yang sangat menguntungkan dan posisi ini mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif untuk terus mengembangkan semua aspek di perusahaan. Dari matriks SWOT dapat kita lihat strategi-strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas yang optimal pada strategi S-O yaitu meningkatkan promosi, meningkatkan frekuensi pelatihan Manajemen untuk meningkatkan kualitas layanan, manajemen dan penerapan prinsip Syariah dan meningkatkan pengawasan internal. Diharapkan dengan strategi S-O tersebut dapat menjadi alat dalam pengembangan Koperasi lebih memajukan. Disarankan pada Koperasi Islam Patani Berhad segera menerapkan strategi agresif dengan berusaha memperbaiki kondisi yang mempengaruhi menurunan baik faktor internal maupun eksternal. Kata Kunci: Strategi Bisnis, Analisis SWOT, Koperasi. COOPERATIVE DEVELOPMENT STRATEGY DENGAN ANALISIS SWOT PADA THE ISLAMIC COOPERATIVE OF PATTANI LIMITED DI CABANG PUSAT(THAILAND SELATAN) Yahya Waehayee Pembimbing: Dr. M. Fany Alfarisi, SE, MS. Fin ABSTRACT This research is included in the field of corporate strategic management. The objectives are to: 1) the impact of the Covid-19 pandemic on Internal and External factors; 2) knowing the short-term and long-term development strategies in improving the optimal quality of cooperatives; and 3) knowing alternatives that can be done in cooperative development through SWOT analysis at The Islamic Cooperative of Patani Limited. The SWOT analysis model is a method that systematically explains various factors to formulate corporate strategy. The data of this study were obtained from primary and secondary data from the leadership and staff of The Islamic Cooperative of Patani Limited.Meanwhile, data processing used qualitative and quantitative methods. This research was conducted by giving a questionnaire to employees and online interviews for leaders to obtain an overview of the internal and external environment of the Cooperative. The cooperative development strategy can be seen in the results of interviews and the SWOT matrix. The results in this study indicate that the impacts that occur in the internal and external environment are the Covid-19 pandemic and government regulations and information technology in the development of cooperatives. Overall, the position of cooperative development is at IFAS 0.46 and EFAS 0.19 coordinates. These coordinates are located in quadrant I, meaning the company is in a very profitable strategic position and this position supports an aggressive growth policy to continue to develop all aspects of the company. From the SWOT matrix, we can see the strategies that can be applied to improve the optimal quality of the S-O strategy, namely increasing promotions, increasing the frequency of Management training to improve service quality, management and implementation of Sharia principles and increasing internal control. It is hoped that the S-O strategy can be a tool in developing cooperatives to advance further. It is recommended that the Islamic Cooperative Patani Berhad immediately implement an aggressive strategy by trying to improve conditions that affect both internal and external factors. Keywords: Business Strategy, SWOT Analysis, Cooperatives.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. M. Fany Alfarisi, SE, MS Fin |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Pascasarjana (S2) |
Depositing User: | Unand Magister Manajemen |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 07:23 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 07:23 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96612 |
Actions (login required)
View Item |