HUBUNGAN FUNGSI KOGNITIF DENGAN TINGKAT KEMANDIRIAN LANSIA DALAM MELAKUKAN ACTIVITY OF DAILY LIVING (ADL) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PADANG KANDIS KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Putri, Nurul Syafirah Azis (2021) HUBUNGAN FUNGSI KOGNITIF DENGAN TINGKAT KEMANDIRIAN LANSIA DALAM MELAKUKAN ACTIVITY OF DAILY LIVING (ADL) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PADANG KANDIS KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7 Penutup)
BAB 7 Penutup.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Peningkatan jumlah lanjut usia menandakan peningkatan usia harapan hidup yang dapat menimbulkan masalah kesehatan, termasuk penyakit degeneratif yang dapat berdampak pada penurunan fungsi kognitif. Penurunan fungsi kognitif didahului penurunan daya ingat hingga penurunan seluruh intelektualitas dan menyebabkan beban dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Jika lansia tidak mandiri maka hal tersebut akan menyebabkan lansia merasa cacat, sakit, dan hanya dapat bergantung pada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan fungsi kognitif dengan tingkat kemandirian lansia dalam melakukan Activity of Daily Living (ADL) di wilayah kerja Puskesmas Padang Kandis Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional. Sampel penelitian ini diperoleh melalui teknik consecutive sampling dan didapatkan sebanyak 51 orang lansia yang tinggal di wilayah kerja Puskesmas Padang Kandis. Instrumen penelitian menggunakan MoCA-Ina untuk mengukur fungsi kognitif dan Indeks Katz untuk mengukur tingkat kemandirian lansia. Analisis data yang digunakan berupa analisis bivariat dengan uji statistik chi-square. Dari hasil penelitian ini didapatkan sebanyak 20 lansia (39,2%) mengalami penurunan fungsi kognitif serta 18 lansia (35,3%) mengalami ketergantungan sedang Hasil uji statistik mendapatkan hubungan yang signifikan antara fungsi kognitif dengan tingkat kemandirian lansia dengan p-value = 0,001 (<0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara fungsi kognitif dengan tingkat kemandirian lansia dalam melakukan Activity of Daily Living (ADL) di wilayah kerja Puskesmas Padang Kandis Kabupaten Lima Puluh Kota.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Afriwardi, S.H, Sp.KO, M.A
Uncontrolled Keywords: Fungsi Kognitif, Activity of Daily Living, Lansia
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 23 Dec 2021 08:06
Last Modified: 23 Dec 2021 08:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96466

Actions (login required)

View Item View Item