Gambaran Hasil Pemeriksaan Peak Nasal Inspiratory Flow dan Timpanometri pada Mahasiswa Etnis Minangkabau Fakultas Kedokteran Universitas Andalas

Henny, Tryana (2021) Gambaran Hasil Pemeriksaan Peak Nasal Inspiratory Flow dan Timpanometri pada Mahasiswa Etnis Minangkabau Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 Penutup)
BAB 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img] Text (skripsi fulltext)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Etnis merupakan salah satu faktor yang memengaruhi adanya variasi struktur anatomi hidung dan telinga. Variasi struktur anatomi hidung yang paling sering dijumpai ialah tulang hidung yang bengkok. Kejadian tulang hidung yang bengkok umumnya dapat menimbulkan keluhan sumbatan hidung. Salah satu pemeriksaan untuk menilai sumbatan hidung yaitu PNIF. Begitupun variasi struktur anatomi telinga seperti ukuran rongga telinga yang berbeda-beda dapat memengaruhi kondisi telinga tengah. Pemeriksaan untuk menilai kondisi telinga tengah salah satunya yaitu pemeriksaan timpanometri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran hasil pemeriksaan PNIF dan timpanometri pada mahasiswa etnis Minangkabau Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode cross sectional pada 32 sampel yang terdiri dari 16 orang mahasiswa dan 16 orang mahasiswi. Data diperoleh dengan pemeriksaan langsung terhadap sampel di Poliklinik THT-KL RSUP Dr. M. Djamil Padang dan Auris Sentra Padang pada bulan Februari 2021-November 2021. Penelitian ini menunjukkan pada hasil PNIF sebanyak 81,25% kondisi hidung normal atau tidak tersumbat dan 18,75% hidung tersumbat. Hasil timpanometri menunjukkan pada telinga kanan sebanyak 87,5% normal, 12,5% terganggu dan telinga kiri sebanyak 93,75% normal dan 6,25% terganggu. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa pada mahasiswa etnis Minangkabau Fakultas Kedokteran Universitas Andalas umumnya hasil pemeriksaan PNIF dan timpanometri adalah normal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Al Hafiz, Sp.THT-KL(K)
Uncontrolled Keywords: PNIF, timpanometri, sumbatan hidung, kondisi telinga tengah
Subjects: R Medicine > RF Otorhinolaryngology
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 23 Dec 2021 04:16
Last Modified: 23 Dec 2021 04:16
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96457

Actions (login required)

View Item View Item