Pengaruh Penambahan Ekstrak Kayu Secang (Caesalpinia sappan, L.) Terhadap Karakteristik Fisiko Kimia dan Nilai SPF (Sun Protection Factor) Skin Lotion Surya Berbahan Baku VCO (Virgin Coconut Oil)

GITA, NOVENI SINURAYA (2021) Pengaruh Penambahan Ekstrak Kayu Secang (Caesalpinia sappan, L.) Terhadap Karakteristik Fisiko Kimia dan Nilai SPF (Sun Protection Factor) Skin Lotion Surya Berbahan Baku VCO (Virgin Coconut Oil). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
Bab I.pdf - Published Version

Download (927kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN)
Bab V.pdf - Published Version

Download (915kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan ekstrak kayu secang (Caesalpinia sappan, L.) terhadap karakteristik sifat kimia, sifat fisik dan tingkat penerimaan panelis terhadap lotion tabir surya. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Analisis data menggunakan ANOVA dan uji lanjut dengan DNMRT pada taraf 5%. Perlakuan penelitian ini adalah penambahan ekstrak pekat kayu secang dengan kandungan fenol berbeda F1(tanpa penambahan ekstrak pekat kayu secang), F2(penambahan ekstrak pekat kayu secang dengan kandungan fenol lemah), F3(penambahan ekstrak pekat kayu secang dengan kandungan fenol sedang), dan F4(penambahan ekstrak pekat kayu secang dengan kandungan fenol kuat). Hasil penelitian menunjukkan penambahan ekstrak kayu secang dalam lotion tabir surya berpengaruh nyata padataraf 5% terhadap analisis uji SPF, antioksidan, pH, stabilitas emulsi, viskositas, daya sebar, warna, dan uji organoleptik dan penambahan ekstrak kayu secang tidak berbeda nyata taraf 5% terhadap analisis uji bobot jenis. Perlakuan terbaik dari analisis kimia dan analisis fisik adalah F4 dengan penambahan ekstrak kayu pekat secang dengan kandungan fenol kuat yaitu SPF 39,66%, aktivitas antioksidan 13,31mg/L , pH 7,45 dan hasil analisis fisik yaitu stabilitas emulsi 77,82%, viskositas 34.323,23 cp, daya sebar 6,21 cm, bobot jenis 0,94 g/mL, dan warna L*26,66, nilai a*13,64, nilai b*1,57 dan 0Hue 6,64. Dan perlakuan terbaik dari analisis organoleptik adalah F1 dengan tanpa penambahan ekstrak pekat kayu secang yaitu rata-rata kesukaan warna 2,45 (suka), kelengketan 2,25 (lengket), daya serap 1,85 (tidak meyerap), tekstur 2,85 (agak kasar) dan aroma 2,20 (suka).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Rini, MP
Uncontrolled Keywords: Antioksidan, Lotion, SPF, Caesalpinia sappan, L
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 15 Dec 2021 04:19
Last Modified: 15 Dec 2021 04:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/96238

Actions (login required)

View Item View Item